Media Terverifikasi Dewan Pers
Beli Tema IniIndeks
banner 728x250

Dinkes HSU Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

banner 120x600
banner 468x60

Amuntai, infobanua.co.id – Untuk mempersiapkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Jum’at (8/1) pekan tadi menggelar simulasi teknis penyelenggaraan vaksinasi di halaman kantor setempat.

Simulasi ini diikuti sejumlah tenaga kesehatan untuk melihat sejauh mana kesiapan teknis vaksinasi. Terlebih lagi vaksinasi tahap pertama pada tangga 14 Januari nanti diberikan para tenaga kesehatan dan pejabat publik.

banner 325x300

“Sebenarnya kita sudah siap melaksanakan (vaksinasi) ini, tanggal berapa pun, dimajukan atau diundur sekalipun. Simulasi ini kita lakukan untuk melihat bagaimana teknis pelaksanaannya saja,” ucapnya Plt. Kepala Dinkes dr. H. Danu F Fotohena.

Disinggung kabar penundaan sebagaimana surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI tentang penundaan vaksinasi. Surat edaran ini erat kaitannya dengan BPOM, yakni berkenaan dengan Sertefikat EUA (Emergency used authorization).

“Iya, ada kaitanya dengan sertifikat EUA yang dikeluarkan BPOM. Mudah-mudahan dalam waktu dekat BPOM sudah mengeluarkan nomer izin edar nya EUA. Kita juga masih menunggu sertifikasi halal dari MUI,” tegasnya.

Mengenai jumlah tenaga kesehatan yang di vaksin nantinya, menurutnya mengalami perubahan dari semula 1. 571 menjadi 1.575 orang. Perubahan ini sesuai input data terbaru yang dilakukannya.

“Itu semua data tenaga kesehatan yang ada di seluruh fasilitas kesehatan di HSU dan termasuk yang ada di Dines yang berjumlah 101 orang,” tambahnya.

Senada, Kabid P2PL Dinkes HSU Masbudianto mengatakan untuk memudahkan jalannya vaksinasi nantinya. Seluruh tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi di fasilitas kesehatan masing-masing, baik itu di puskesmas, klinik Polres HSU maupun RSUD Pambalah Batung Amuntai.

“Vaksinasi kita berikan dua sampai tiga sesi perhari, satu sesi sekitar 15 orang menjalani vaksinasi. Jadi sampai sesi ketiga dengan jumlah 45 orang perhari nya. Apabila lebih maka dihimbau untuk melakukan vaksinasi di hari berikutnya,” terangnya. Fai

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.