Rumah Warga Perum Karaba Terkena Longsor Sungai Cikalapa, Andri Minta Pemda Gunakan Anggaran Tanggap Darurat

  • Whatsapp

Karawang,Infobanua.co.id – Sungai Cikalapa yang sebelumnya sudah sering kali menimbulkan dampak berupa longsor, banjir dan terjadinya keretakan pada jalan umum. Kali ini terjadi kembali menimpa warga Perumahan Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Bahkan dampaknya sangat luar biasa. Beberapa rumah yang berdekatan dengan tanggul sungai mengalami kerusakan parah, hingga ada sebagian rumahnya, yaitu dapur yang ambruk karena longsor.
Rabu,03/02/21.

Andri Kurniawan yang sejak awal ikut memperjuangkan aspirasi masyarakat terdampak, Selasa (02/02/2021) terlihat berada dilokasi bersama masyarakat terdampak. Kepada kalangan awak media, ia mengungkapkan bahwa sedang melihat kondisi terjadinya longsor, sekalian sedang mengkomunikasikan dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tadi sudah saya telephone langsung Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang, agar segera meninjau ke lokasi dan adanya solusi penanganan dampak tersebut. Karena ini sudah sangat darurat, tidak bisa menunggu lama lagi. Kalau dibiarkan, bisa habis semua rumah warga yang dekat dengan tanggul sungai,” Ujarnya.

“Alhamdulillah, BPBD dan PUPR Karawang sudah merespon, dan mereka akan segera membuat strategi penanggulangan. Ini sudah masuk kategori tanggap darurat, tidak bisa menunggu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Karena birokrasinya pasti lama,” Terang Andri.

“Saya sudah menyarankan agar menggunakan anggaran tanggap darurat saja yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD II) Karawang. Setidaknya dilakukan dulu normalisasi, tapi kalau memungkinkan sekalian saja lakukan penurapan atau membuat bronjong sebagai penahan tanah agar tidak longsor,” Jelasnya.

Menyikapi hal itu, Rabu (03/02/2021) berdasarkan pantauan kalangan awak media. Dilokasi terlihat Kepala BPBD bersama rombongan dari Dinas PUPR Karawang sedang meninjau lokasi longsor yang berada di RT 06 Perum Karaba.

Sejalan dengan saran Andri, Kepala BPBD Karawang Yasin Nasrudin mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan surat yang akan diajukan kepada Bupati terkait anggaran tanggap darurat. Dikatakannya, “Kita sedang persiapkan surat untuk diajukan dan disetujui oleh ibu Bupati dalam penanganan dampak sungai Cikalapa ini,” Singkatnya.

 

Iswanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *