Di Duga Tidak Sesuai Juknis, Ponpes Miftahul Falah Bisa Dapatkan BOP

  • Whatsapp

Karawang, Infobanua.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) RI (Republik Indonesia)memberikan bantuan operasional pendidikan kepada lembaga Ponpes ( pondok pesantren) di semua daerah yang terdampak covid 19. Setidaknya setiap lembaga pendidikan agama islam khususnya pondok pesantren dapat bantuan operasional pendidikan (BOP ponpes) dengan nominal variatif
Sabtu,20/02/21.

Dalam syarat penerima bantuan hanya ada dua, pertama ada kegiatan/aktivitas belajar mengajar dan kedua ponpes tersebut sudah terdaftar di kementrian agama yang dibuktikan oleh Nomor Statistik Pondok Pesantren, dan untuk memperoleh NSPP tersebut tentunya harus sesuai dengan kategori dan ciri dari sebuah pesantren bahkan ada verifikasi dulu oleh kemenag, adapaun untuk syarat dari pesantren itu ada 5 : satu ada kyai/ustadnya, kedua ada santrinya, ketiga ada pengajian kitab kuningnya, keempat ada asramanya/kobongnya, dan kelima ada mesjidnya.

Seperti ponpes Miftahul Falah yang berlokasi di Dusun Gempol Karya RT 004/002 Desa Gempol Karya Kecamatan Tirtajaya dapat bantuan BOP ponpes sebesar Rp. 40 juta.Namun ponpes Miftahul Falah dapat bantuan BOP ponpes di duga tidak sesuai persyaratan juknis penerima bantuan. Dikatakan IS, warga Dusun Gempoljaya RT 04/02 Desa Gempol Karya.

“Di sini tidak ada pondok pesantren pak, ada juga pengajian itu juga ngampar pengajian nya, anak seumuran TKA, pengajar nya juga cuman satu ustadz Unan dan jumlah murid nya tidak banyak, memang dulu ada pondok pesantren pada waktu masih dipegang sama ustadz Ibad, tapi sekarang tidak ada, sekarang ustad Ibad juga punya pondok sendiri di ciweulut, murid – murid nya juga pada pindah di pondok ustadz Ibad di ciweulut”. Jelas IS ke awak media.

Sementara itu, Haji jaenal selaku pengurus ponpes Miftahul Falah saat di konfirmasi awak media mengatakan, dapat bantuan ponpes tidak tau. Selasa (15/2)

“Saya dapat bantuan bop ponpes tidak tau apa – apa, tau nya dapat aja”. Dan ketika diminta keterangan terkait ponpes Miftahul Falah untuk kelengkapan berita.

“Saya mah terserah mau diberitakan juga karena itu tufoksi nya jurnalis”. Jawab Haji Jaenal

Masih Jaenal, pondok pesantren Miftahul Falah itu berlokasi di desa Gempol karya, ada pengajian nya cuman santri nya tidak mondok, kegiatan pengajian nya habis ashar, ponpes kita tidak modern dan santri nya pengen belajar formal tidak mondok atau menetap”,Ungkap Jaenal

Sungguh, ironis di duga demi meraup keuntungan Ponpes Miftahul Falah tidak ada santri dan aktivitas belajar – mengajar selayak nya pondok pesantren pada umum nya, memanfaatkan keadaan dengan dalih ada nya pondok pesantren dan kegiatan santri agar dapat bantuan BOP ponpes. Seperti apa nanti laporan surat pertanggung jawaban apakah akan ada permainan atau bagaimana, karena di duga tidak ada sesuai dengan persyaratan nya.

Dengan adanya pemberitaan ini dimohon kepada pihak dinas terkait agar kroscek khusus nya Kemenag Kabupaten Karawang Jawa Barat bantuan BOP ponpes Miftahul Falah yang di duga tidak tepat sasaran, jangan sampai di salah gunakan atau ajang manfaat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab

 

 

IS/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *