infobanua.co.id
Beranda BANJAR Waduk Riam Kiwa Pembangunan Direncanakan Tahun Ini

Waduk Riam Kiwa Pembangunan Direncanakan Tahun Ini

Martapura, infobanua.co.id – Untuk mereduksi banjir di Kabupaten Banjar, rencana pembangunan Waduk Riam Kiwa menjadi prioritas utama. Namun, masih ada masalah yang harus diselesaikan untuk membangun waduk tersebut. Rabu (24/2/2021)

 

Plh Bupati Banjar HM Hilman, mengungkapkan pembangunan bendung Riam Kiwa sudah direncanakan tahun ini. Hanya saja masih terkenda masalah lahan.

 

Lanjutnya, masalah lahan ini terbagi dua, seperti status lahan terkait dengan pemegang IUPHHK PT Prima Multi, dan pernyataan kepemilikan warga sebagai tanah adat.

 

“Untuk masalah lahan terkait dengan IUPHHK ini memang sudah ada solusinya dengan pengajuan penghentian izin IUPHHK dengan alasan penggunaam hutan untuk kepentingan umum atau proyek strategis nasional,” kata Hilman.

 

Sedangka untuk masalah lahan yang terkait kepemilikan warga sebagai tanah ulayat solusi yang diambil adalah dengan memberikan santunan kepada warga dengan mekanisme Perpres 62 tahun 2018.

 

“Semoga saja semua masalah terkait lahan dapat diselesaikan dengan cepat sehingga pembangunan waduk Riam Kanan dapat dilaksanakan,” pungkasnya.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan