Bupati Tapin Ucapkan Selamat HUT Damkar ke-102

  • Whatsapp

RANTAU, infobanua.co.id – HUT Damkar ke-102, Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan,MM lebih konsentrasi pada instruksi Presiden Jokowi dalam rangka kesiapan Pemerintah Daerah dalam menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kendati demikian, Bupati Tapin mengucapkan Selamat HUT Damkar ke-22. Pertama, tugas berat di depan mata. Prioritas upaya pencegahan menjadi point penting. Karena seluruh kepala daerah mendapatkan instruksi dari Presiden RI, diminta untuk mengawasi dan memonitor kawasan hutan dan lahannya masing-masing.

“HUT Damkar ke-22 ini seakan mengingatkan kepada pimpinan daerah agar dapat menjaga daerahnya. Meningkatkan pengawasan agar tidak terjadi kebakaran, kebanjiran, dan alam kita rusak. Karena Tapin adalah alam pertanian, jangan sampai tragedi tahun 2015 lalu terulang, tanaman pertanian warga yang akan memasuki masa panen terbakar,”katanya.

Selain itu juga hendaknya aparat desa bisa memberdayakan masyarakat desanya terutama anak-anak mudanya dengan dana desanya untuk bersama-sama menjaga desanya dari bahaya kebakaran hutan dan lahan lingkungannya.

“Sehingga sekiranya api muncul, mereka terlihat sudah siap lebih dulu menjadi garda terdepan dalam menanggulangi bencana di desanya masing-masing. Apalagi itu di daerah rawa yang kawasan tak mudah terjangkau oleh petugas Damkar,”katanya.

Terkait HUT Damkar ini, Karena situasi masih Covid-19, patut kita maklumi bersama. Untuk mengadakan acara nanti kita akan kerjasama dengan perusahaan di Tapin untuk menyelenggarakan pelatihan penanggulangan karhutla.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *