infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Antisipasi Varian baru Corona,Wagub Jabar Minta RT/RW Data Serta Laporkan Kepulangan TKI Di Daerahnya

Antisipasi Varian baru Corona,Wagub Jabar Minta RT/RW Data Serta Laporkan Kepulangan TKI Di Daerahnya

Cianjur, infobanua.co.id – Untuk mencegah penyebaran varian baru Corona B117 di Provinsi Jawa barat,
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta pejabat di tingkat desa hingga RT dan RW agar mendata TKI ataupun warga yang baru pulang dari luar negeri.

Temuan kasus di Karawang harus menjadi perhatian untuk mencegah masuknya varian baru virus COVID-19. Apalagi pasien tersebut ternyata merupakan TKI.kata Wagub.

Sebenarnya sejak dulu kepulangan TKI dari luar negeri kita pantau, terutama yang legal. Kalau legal pasti terdeteksi, seperti yang di Karawang. Tapi yang ilegal ini yang harus jadi perhatian, karena sulit terpantau,” ujar Uu saat menghadiri acara panen raya di Kecamatan Ciranjang Cianjur, Kamis (4/3/201).

Menurut Uu, perlu kerjasama semua pihak untuk memantau kepulangan TKI, terutama yang pemberangkatannya secara ilegal atau non prosedural.

Namun Uu meminta TKI yang pulang dengan sendirinya juga sadar untuk melapor.

“Kalau tidak sadar dengan sendirinya, peran dari masyarakat juga perlu. Tidak hanya dari RT dan RW,” ungkap Uu.

Makanya pak RT dan pak RW di Jawa Barat silahkan lapor ke gugus tugas jika ada warganya yang menjadi TKI dan baru pulang. Minimalnya nanti diisolasi, terlepas positif atau negatif COVID-19,” ucapnya.

Di sisi lain, Uu mengklaim jika Varian baru Corona B117 , Pemprov Jawa Barat sudah siap.

“Pemprov Jawa Barat sudah memiliki protap tentang Prokes, jadi kami tidak kaku dan tidak masalah. Apapun jenisnya kami siap,” ungkapnya.

Hasbi (Abie)

Bagikan:

Iklan