Sebanyak 26 Peserta Dari Kabupaten/Kota Di Ajak Disperin Melakukan Olahan Produk Kopi

  • Whatsapp

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Dinas Perindustrian (Disperin) Kalimantan Selatan berupaya memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) industri berbasis kompetensi dalam bidang diversifikasi produk olahan kopi.

Kepala Disperin Kalsel, Mahyuni mengatakan pihaknya menggelar pelatihan peningkatan kompetensi SDM industri untuk melatih para SDM industri bidang pengolahan kopi agar memiliki keahlian dalam mengolah produk dari kopi.

“Sehingga mereka mampu mendirikan dan mengembangkan serta mengelola usahanya dengan baik,” kata Mahyuni kepada 26 peserta yang dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 8-12, di Banjarmasin, Senin (8/3).

Dikatakan Mahyuni, dengan meningkatnya tuntutan konsumen kopi terhadap produk olahan dari kopi, maka semakin banyak diperlukan tenaga-tenaga SDM industri pengolahan kopi yang memiliki kompetensi memadai.

“Mutu kopi yang baik dapat diperoleh melalui proses pengolahan yang baik dengan penampakan fisik biji kopi yang tidak cacat. Mutu fisik biji kopi dapat dilihat dengan penilaian sistem nilai cacat sedangkan aroma dan cita rasa produk olahan dari kopi hanya dapat diketahui dengan pengolahan,” ucap Mahyuni.

Mahyuni pun berharap dari pelatihan tersebut, para SDM industri memiliki pengetahuan dan keterampilan baru dalam membuat produk olahan kopi dan menambah inovasi dalam mengolah hasil perkebunan kopi agar menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan variasi yang lebih menarik.

“Mudah-mudahan para SDM industri menjadi tenaga profesional yang mampu membuat produk sesuai dengan standar/regulasi yang ditentukan oleh pemerintah,” Pungkasnya

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *