Menjadi Langganan Sungai Martapura Setiap Tahunnya Mendapat Sampah Kiriman Tanaman Enceng Gondok, Ranting, Dan Batang Pohon

  • Whatsapp

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Sama seperti biasa setiap tahunnya, sungai martapuran kedatangan kiriman sampah berupa ranting dan batang pohon bercampur enceng gondok yang kembali menutup beberapa bagian permukaan Sungai Martapura, Selasa (09/03).

Sampah yang sudah menumpuk sejak Sabtu (06/03) kemarin, hingga membuat angkutan transportasi sungai seperti klotok dan lainnya menjadi terganggu.

“Saya sudah hampir satu jam lamanya, tertahan dan belum bisa melewati tumpukan sampah di tiang Jembatan Antasari ini,” ujar Ramli, seorang pengemudi perahu.

Warga Kabupaten Banjar, Desa Lokbaitan ini mengaku, tumpukan enceng gondok yang bisa disebut juga dengan istilah pampangan itu sangat mengganggu dan membuatnya tidak dapat mengemudikan klotoknya dengan nyaman agar sampai ketempat tujuan.

Hal serupa disampaikan Jony, dirinya tidak dapat bekerja membawa sejumlah barang menggunakan klotok miliknya, karena terhalang pampangan dilokasi itu.

“Sulit bekerja bila sungai seperti ini, pampangan sampah sangkut di bawah Jembatan Antasari,” ungkapnya.

Ia sebagai pengguna transportasi sungai sangat berharap kepada pihak pemerintah, agar permasalahan yang setiap tahun terjadi ini bisa diatasi.

“Seharus pemerintah harus lebih memikirkan lagi permasalahan ini, agar tidak terjadi lagi. Supaya sungai Martapura lebih indah dan tidak mengganggu transportasi Sungai,” Pungkasnya.

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *