Kain Goyor dan Batik Tegal Curi Perhatian di Indonesia Hijab Walk 2021

  • Whatsapp

BANDUNG, infobanua.co.id – Batik Tegal dan Kain Goyor hasil karya perajin Kota Tegal berhasil mencuri perhatian pengunjung Indonesia Hijab Walk (IHW) 2021 yang diselenggarakan di Convention Centre The Trans Luxury Hotel, Jl. Gatot Subroto No. 289 Kota Bandung, Sabtu (13/3/2021).

Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Tegal, Kain Goyor yang biasanya hanya di pakai untuk pembuatan sarung, di tangan designer Bellahasura disulap menjadi busana yang bagus diperagakan model di atas catwalk dan dipadu dengan Kain Batik Tegal klasik.

Di ajang IHW 2021, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Tegal menggandeng designer Bellahasura memadukan kain goyor dan batik Tegal menjadi adibusana dan tampil dalam dalam peragaan busana IHW 2021 bersama beberapa designer lainnya.

Hasil perpaduan Batik Tegal dan Kain Goyor oleh Designer Bellahasura terlihat dalam “Gotik Emotion” (Goyor dan Batik Etnik Muslim Fashion). Dekranas dan Designer Bellahasura menampilkan 15 gaun yang di peragakan oleh model.

Ditemui usai peragaan busana tersebut, designer Bella menyampaikan bahwa perpaduan antara Kain Goyor dan Batik Tegal ini sebetulnya jika tangani dengan baik mempunyai keunggulan karena keklasikan dan coraknya. Bella ingin lebih mengenalkan lagi Batik Tegal dan Kain Goyor ke khalayak luas agar orang akan senang dan bangga memakai Batik Tegal dan Kain Goyor.

Bela berpesan kepada perajin IKM
Kota Tegal agar tetap semangat, lebih berkreasi dan lebih kreatif dalam memproduksi karya-karyanya. Walaupun di tengah Pandemi Covid-19 namun para IKM harus tetap berkarya.

“Saya ingin lebih mengenalkan batik Tegal dan Goyor dan kepada perajin IKM Kota Tegal agar tetap semangat, lebih berkreasi dan lebih kreatif dalam memproduksi karya-karya, walaupun di tengah pandemi Covid-19 namun kita harus tetap berkarya,” tutur Bella.

Ia berharap kedepan akan dapat terus berkolaborasi, dengan Dekranas dan IKM Kota Tegal agar lebih maju lagi.

Ketua Dekranas Kota tegal, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon yang turut hadir dalam peragaan busana tersebut menyampaikan bahwa pihaknya sengaja mengikuti pagelaran IHW 2021 dengan menggandeng designer untuk lebih mengenalkan lagi produk-produk perajin Kota Tegal di skala nasional, bukan hanya di skala lokal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal itu juga menyampaikan bahwa di tengah kelesuan IKM Kota Tegal akibat Pandemi Covid-19, Dekranas Kota Tegal terus mendorong agar IKM Kota Tegal kembali menggeliat. Salah satunya dengan menggandeng designer dan bisa tampil di event nasional seperti IHW 2021 yang baru saja diikuti. “Tujuannya agar Batik Tegal dan Kain Goyor lebih dikenal lagi,” ungkap Roro.

Secara spesifik Ketua Dekranas Kota Tegal berpesan kepada para pengrajin, agar berkreasi dan selalu berinovasi dalam membuat batik, baik batik-batik motif klasik maupun batik-batik dengan motif modern. Sedangkan untuk sarung goyor, variasi-variasi warna yang digunakan agar lebih cerah lagi dan motif lebih bervariasi.

“Kedepan saya ingin perajin batik Tegal dan kain goyor agar selalu berkreasi dan selalu berinovasi dalam membuat batik, baik batik-batik motif klasik dan batik-batik dengan motif modern. Dan untuk sarung goyor, variasi-variasi warna yang lebih cerah lagi dan motif lebih bervariasi,” ujar Ketua Dekranas Kota Tegal.

Roro berencana, jika pandemi ini sudah berakhir, Ia ingin mengadakan fashion show produk-produk IKM di Kota Tegal. Namun untuk saat-saat ini pihaknya mengaku nanti akan berupaya mengikutkan Batik Tegal dan Kain Goyor bekerja sama dengan designer di acara-acara fashion show yang berskala besar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru Setyawan yang hadir mendampingi Dekranas Kota Tegal, menyampaikan bahwa ajang ini merupakan kesempatan yang bagus dan pertama Batik Tegal dan Kain Goyor mengikuti pameran sekaligus peragaan busana. Dikatakan Heru, tidak seperti sebelum-sebelumnya, Batik Tegal dan Kain Goyor hanya dipajang di etalase pameran.

“Sesuai dengan tema acaranya “Indonesia Hijab Walk 2021” jadi ini menjadi awal, kedepan kita berharap bahwa produk Kain Goyor dan Batik Tegal ini akan semakin dikenal setidainya di level nasional, sehingga menjadi daya tarik, jika orang berbicara batik dan kain goyor maka Kota Tegal akan menjadi salah satu opsi, karena produk-produk batik dan kain goyornya memang berkualitas,” pungkas Heru. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *