infobanua.co.id
Beranda KALSEL Dispersip Kalsel Gandeng ANRI Lakukan Penyelamatan Arsip

Dispersip Kalsel Gandeng ANRI Lakukan Penyelamatan Arsip

BANJARBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggandeng Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP mengatakan, timnya akan mengandeng ANRI untuk lanjutan dari Sosialisasi Penyelamatan Arsip Pasca Bencana pada 17 Maret 2021 lalu.

“Kami (Dispersip Kalsel) kembali meminta Bimbingan terkait Penyelamatan Arsip kepada Tim ANRI,” ujar Nurliani, Minggu  (20/3/2021).

Antusiasme peserta dalam kegiatan sosialisasi Penyelamatan Arsip Pasca Bencana lalu, merupakan bentuk apresiasi terhadap Dispersip Kalsel.

Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI RI ), Kandar, berencana akan menerjunkan timnya untuk melakukan bimbingan langsung kepada para pejabat dan Arsiparis di Kalimantan Selatan.

Bahkan menurut Nurliani, Direktur Preservasi ANRI tersebut, memberikan saran kepadanya, saat timnya datang agar membuat posko penyelamatan arsip yang membantu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat memerlukan bimbingan langsung dan dapat restorasi implementatif.

Seperti diketahui, bencana banjir melanda 11 daerah di Provinsi Kalsel berdampak pada arsip pemerintah kota maupun kabupaten. Berdasarkan hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel telah mengambil langkah strategis dan tindakan preventif guna menyelamatkan arsip dari bencana, sesuai amanat di UU. rel

 

Bagikan:

Iklan