Akibat PPKM Berskala Mikro, Mayoritas RT Kota Blitar Masuk Zona Hijau

  • Whatsapp
Wali Kota Blitar, Santoso.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Satgas covid-19 Kota Blitar, menilai jika penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro sangat efektif untuk mengendalikan kasus covid-19 di Kota Blitar.

Sekretaris satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, mengatakan bahwa, dengan penerapan PPKM skala Mikro yang sudah masuk tahap keempat ini, status penyebaran covid-19 di Kota Blitar kembali bisa terkendaki sehingga saat ini sudah masuk ke Zona Kuning.

“Trend perkembangan kasus covid-19 di tingkat RT juga mulai menurun. Saat ini, mayoritas RT di Kota Blitar sudah masuk Zona Hijau penyebaran covid-19,” kata Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, Kamis 25-03-2021.

Menurut Hakim, bahwa data dari Satgas covid-19 Kota Blitar, dari jumlah 651 RT di 21 Kelurahan Kota Blitar, sebanyak 608 RT sudah masuk pada Zona Hijau, dan sisanya, sebanyak 43 RT masih berada di zona kuning penyebaran Covid-19.

Sekarang sudah tidak ada RT yang masuk Zona Orange apalagi Zona Merah di Kota Blitar.

“Mayoritas RT di Kota Blitar sudah masuk Zona Hijau, sebagian lagi masih di Zona Kuning,” jlentrehnya.

Masih menurut Hakim, bahwa Satgas telah membentuk posko di tiap RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan dalam penerapan PPKM berskala Mikro.

Dengan penerapan PPKM skala Mikro, warga masyarakat terlibat langsung dalam pengawasan protokol kesehatan di masing-masing lingkungannya.

“Selain PPKM skala Mikro, kami juga terus menggencarkan operasi yustisi untuk pendisiplinan protokol kesehatan di warga masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu ditempat terpisah Wali Kota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa, pihaknya berharap agar trend perkembangan kasus covid-19 di Kota Blitar bisa dikendalikan dan terus turun.

Dengan begitu, status penyebaran covid-19 Kota Blitar dari Zona Kuning dapat segera turun nenjadi Zona Hijau.

“Jika trend kasusnya terus turun dan angka pasien sembuh meningkat, Kota Blitar bisa segera masuk ke Zona Hijau,” kata Walikota Blitar, Santoso.

Selanjutnya Santoso menerangkan bahwa, untuk itu Kota Blitar tetap menetapkan PPKM berskala Mikro meski statusnya sudah masuk Zona Kuning. Karena penerapan PPKM skala Mikro cukup efektif untuk mengendalikan kasus covid-19 di Kota Blitar.

“Kami berharap agar warga masyarakat jangan lengah, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” pungkasnya. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *