infobanua.co.id
Beranda Blitar Pemkab Blitar Siapkan Hotel Untuk Karantina para PMI.

Pemkab Blitar Siapkan Hotel Untuk Karantina para PMI.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menyewa Hotel untuk karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang dari luar negeri.

Plt Sekda Kabupaten Blitar yang juga Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan covid-19, Mujianto, mengatakan bahwa, untuk menindaklanjuti Surat Edaran dari Gubernur Jawa Timur, satgas percepatan penanganan covid-19 menyiapkan rumah karantina bagi PMI yang pulang dari luar negeri dengan menyewa Hotel di Kabupaten Blitar.

“BPBD dan BPKAD ditugaskan untuk memastikan Hotel yang disewa sebagai tempat karantina para PMI,” kata Plt Sekda Kabupaten Blitar yang juga Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan covid-19, Mujianto, kepada awak media, Selasa 26-04-2021.

Menurut Mujianto, bahwa secara teknis satgas juga akan berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Tinur (Jatim) untuk penjemputan dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan dibawa ke Blitar untuk langsung diarahkan ke rumah karantina yang telah disiapkan.

“Para PMI yang pulang ini sebelumnya melakukan test PCR swab di Bandara Juanda Surabaya, dan menginap di Asrama Haji selama dua hari,” jlentrehnya.

Masih menurut Mujianto, para PMI ini dilanjutkan menjalani karantina tiga hari di Kabupaten Blitar.

Kemudian PMI yang menjalani karantina kembali akan menjalani pemeriksaan jika negative covid-19, mereka bisa melanjutkan isolasi mandiri di rumahnya.

Untuk PMI yang saat ini sudah terlanjur pulang ke rumah, akan didata dan dilaporkan ke Pemerintah Desa/Kelurahan untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas Puskesmas setempat.

“Jika dinilai masih butuh melakukan karantina maka akan diarahkan untuk karantina di Desa/Kelurahan,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan