infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Pemkot Banjarmasin Gelar Rakor Sanitasi

Pemkot Banjarmasin Gelar Rakor Sanitasi

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Dalam rangka mencegah terjadinya penyakit dan masalah kesehatan bagi warga Kota Banjarmasin,

Pemerintah kota Banjarmasin melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) menggelar rapat koordinasi Sanitasi kota Banjarmasin, di Aula Barenlitbangda, Balaikota Banjarmasin, Jumat (30/4).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Barenlitbangda, Ir Sugito M.T didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir Doyo Pudjadi dan dihadiri oleh sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ketika dikonfirmasi terpisah, Ir Doyo Pudjadi menyampaikan tujuan rapat koordinasi tersebut membahas tentang sejumlah titik-titik bangunan sanitasi pada masing-masing Kecamatan dan Kelurahan yang akan direnovasi sesuai dengan prioritas darurat.

“Minimal 3 aspek lah, sampah, drainase dan limbah untuk 2022, jadi maksudnya rapat ini adalah menentukan lokasi di masing-masing kecamatan di kelurahan mana-mana yang memang harus di lakukan perubahan,” ucap Doyo.

Lebih lanjut, ia membeberkan masing-masing SKPD harus siap dengan rencana infrastrukturnya baik dananya maupun menanamkan pola pikir kepada masyarakat agar hidup lebih sehat dengan menjaga kebersihan agar tidak menimbulkan berbagai penyakit.

“Kemudian yang lebih penting adalah SKPD yang membuat infrastruktur itu dinas PUPR dipastikan budgettingnya harus its oke di 2022, Ketika sudah dijadwalkan fisiknya, ada yang membangun edigital comunal, ada yang membangun Tps 3 E dan sebagainya itu,” bebernya.

“Nanti masing-masing SKPD yang terkait seperti kesehatan memainsetkan karakterset nya untuk tidak buang air besar sembarangan, kemudian dari dinas sampah selalu tidak buang sampah sembarangan itu (menjadi) keterpaduan ketika visinya sudah dibangun mereka akan menyiapkan mainset karakter set masyarakat supaya mengarah kepada kebersihan,” pungkasnya.

febri

Bagikan:

Iklan