Pemkot Blitar Salurkan Rastrada Tahap Pertama di Awal Mei 2021

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Priyo Istanto.

Blitar, Infobanua.co.id –Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, akan menyalurkan Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) tahap pertama pada awal bulan Mei 2021 ini.

Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Priyo Istanto, mengatakan bahwa, jumlah penerima Rastrada pada tahap pertama tahun ini berkurang 1.700 keluarga miskin.

“Dari semula jumlah penerima Rastrada sebanyak 11.014 keluarga miskin, saat ini hanya 9.314 keluarga miskin,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Priyo Istanto, Sabtu 01-05-2021.

Menurut Priyo, bahwa Rastrada tahap pertama yang akan disalurkan ke keluarga miskin ini untuk empat bulan mulai bulan Januari sampai dengan bulan April 2021.

“Tiap bulannya, tiap keluarga miskin menerima bantuan beras sebanyak 10 Kilogram dari Pemkot Blitar,” jlentrehnya.

Masih menurut Priyo, jadi Rastrada tahap pertama ini akan diterima kepada masing-masing keluarga miskin sebanyak 40 Kilogram.

“Sesuai rencana, penyaluran Rastrada tahap pertama dilakukan awal bulan Mei 2021 ini,” ungkapnya.

Lebih dalam Priyo menjelaskan bahwa, pembagian Rastrada dilakukan lewat masing-masing Kelurahan.

Sedang teknis pembagian Rastrada juga diserahkan kepada masing-masing Kelurahan.

Mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19, Dinsos minta agar pembagian Rastrada di Kelurahan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan secara benar dan ketat.

“Termasuk proses pengambilan bisa dilakukan secara bergilir agar tidak memicu kerumunan orang di Kantor Kelurahan,” ungkapnya.

Selanjutnya Priyo menjelaskan bahwa, jumlah penerima rastrada tahap pertama ini berkurang banyak.

Karena ada sebagian penerima Rastrada yang juga mendapatkan bantuan sosial dampak pandemi covid-19 dari Pemerintah Pusat.

Para penerima bantuan lain seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk sementara tetap tercatat dari penerima Rastrada tahap pertama.

Data di Dinsos Kota Blitar menyebutkan jika ada 1.700 keluarga miskin yang sebelumnya masuk daftar penerima Rastrada dan pada tahun ini tidak mendapatkan bantuan Rastrada tahap pertama karena sudah mendapat program bantuan lain.

“Semula jumlah penerima Rastrada di Kota Blitar sebanyak 11.014 keluarga miskin, sekarang hanya 9.314 keluarga miskin saja. Jumlah penerimanya berkurang 1.700 keluarga, karena sudah dapat bantuan sosial lain,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *