infobanua.co.id
Beranda Blitar DPRD Kota Blitar Paripurnakan LKPJ Wali Kota Blitar Tahun 2020

DPRD Kota Blitar Paripurnakan LKPJ Wali Kota Blitar Tahun 2020

Blitar, Infobanua.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar, menggelar Rapat Paripurna tentang penyampaikan rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Blitar Tahun 2020, di Gedung DPRD jalan Ahmad Yani, Kota Blitar, Senin 10-05-2021 malam.

Ditemui awak media seusai rapat, Ketua Pansus LKPJ Wali Kota Blitar Tahun 2020, Dedik Hendarwanto, mengatakan bahwa, dalam pembahasan LKPJ, pihaknya melakukan serangkaian evaluasi capaian Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar pada tahun 2020.

Dari evaluasi diketahui ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kinerjanya kurang maksimal seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

“Karena dampak dari pandemi covid-19 yang sangat luar biasa. Utamanya di bidang kesehatan dan pendidikan,” kata Ketua Pansus LKPJ Wali Kota Blitar Tahun 2020, Dedik Hendarwanto.

Menurut Didik dari evaluasi yang dilakukan, pihaknya memberikan sejumlah rekomendasi kepada eksekutif.

Di antaranya tahun 2021 ini agar fokus membentuk kekebalan masyarakat melalui vaksinasi covid-19. Karena vaksinasi akan dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga masyarakat.

Dengan kekebalan tubuh, diharapkan warga masyarakat akan dapat meningkatkan kualitas hidupnya dan dapat menggerakan serta meningkatkan perekonomian Kota Blitar.

“Kita harus tetap memprioritaskan kepentingan warga masyarakat. Sekarang yang terpenting adalah tentang kesehatan,” tegasnya.

Lebih jauh Didik juga mengajak Walikota bersama dengan OPD terkait untuk bersinergi dalam meningkatkan perekonomian Kota Blitar di masa pandemi ini, sebab dengan pemulihan ekonomi saat ini menjadi salah satu pekerjaan ektra yang harus difokuskan.

“Evaluasi kami juga menyangkut ekonomi. Karena tulang punggung perekonomian Kota Blitar adalah Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini berupaya bertahan hidup di tengah pandemi yang belum berakhir.

Berdasarkan tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7 itu sekarang turun drastis sampai di angka -2,28. Jadi, secara tidak langsung dapat terbaca dari angka tersebut bahwa daya beli warga masyarakat turun drastis.

Dan pandemi yang berkepanjangan juga menyebabkan angka kemiskinan di Kota Blitar meningkat. Terkait kondisi tersebut, pihaknya mengajak eksekutif untuk menciptakan lapangan kerja bagi warga masyarakat.

“Selain lapangan kerja, juga harus diciptakan peluang usaha bagi warga masyarakat. Seperti membantu pelaku usaha untuk menjual produk-produk mereka secara online agar usaha yang dijalankan kembali bergairah,” jlentrehnya.

Menanggapi hal itu Walikota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa, rekomendasi yang dikeluarkan DPRD merupakan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Blitar terhadap LKPJ Wali Kota Tahun 2020.

“Kami dari eksekutif akan menindaklanjuti rekomendasi ini. Sebab rekomendasi ini akan menjadi dasar untuk pengambilan keputusan di waktu-waktu yang akan datang,” kata Walikota Blitar Santoso.

Menurut Santoso, bahwa pelaksanaan pembangunan Kota Blitar tahun 2020 diakuinya ada keberhasilan dan kekurangan.

Sebab ada pembangunan yang capaiannya sangat baik dan ada pula hasil pembangunan yang memerlukan perbaikan dan memerlukan penyempurnaan.

“Kami nengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Blitar, khususnya Panitia Pansus LKPJ Tahun Anggaran 2020. Kami juga memberikan apresiasi tinggi atas beberapa masukan. Di antaranya terkait dengan beberapa substansi LKPJ yang masih sangat perlu untuk terus ditingkatkan kinerjanya,” ungkapnya.

Selanjutnya Santoso menjelaskan bahwa, seluruh hasil rekomendasi dari DPRD ini akan segera ditindaklanjuti dan seluruh rekomendasi yang disampaikan adalah upaya dalam rangka mempercepat pencapaian visi dan misinya untuk memajukan Kota Blitar.

“Rekomendasi ini sangat penting dalam penyusunan kebijakan di masa yang akan datang. Semua rekomendasi ini sangat bermakna bagi kami. Dan akan kami tindak lanjuti dalam rangka melanjutkan pembangunan di Kota Blitar,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan