infobanua.co.id
Beranda Blitar DPRD Kabupaten Blitar Tindak Lanjuti Rekomendasi BPK Pasca Pemkab.Blitar Meraih WTP

DPRD Kabupaten Blitar Tindak Lanjuti Rekomendasi BPK Pasca Pemkab.Blitar Meraih WTP

Blitar, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar telah berhasil mempertahankan kembali penghargaan opini publik Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar, Suwito, mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Blitar kembali dapat mempertahankan penghargaan opini publik Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Penghargaan tersebut sebagai bukti jika Pemerintah Kabupaten Blitar telah mewujudkan pengelolaan keuangan daerah secara optimal.

Penghargaan WTP diterima langsung oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah, dari Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Joko Agus Setyono, di Kantor BPK perwakilan Jawa Timur, pada hari Jum’at 21 Mei 2021.

“Namun dalam pemeriksaan ada rekomendasi dari BPK,” kata Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito, kepada awak media, Jum’at 28 Mei 2021.

Menurut Suwito, bahwa semua rekomendasi dari BPK tersebut akan ditindaklanjuti oleh Dewan, dimana rekomendasi itu ditujukan kepada Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan yang lainnya.

“Tindak lanjut catatan itu akan dibagi ke masing-masing Komisi di DPRD sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi atau Tupoksinya,” jlentrehnya.

Selanjutnya Suwito menjelaskan bahwa, nantinya disetiap Komisi akan membahas tindak lanjut catatan dari BPK dengan OPD yang bersangkutan.

Dengan demikian dapat lebih memastikan bahwa tindaklanjut akan dilakukan secara rinci dan lebih detail.

“Diantara rekomendasi yang disampaikan BPK, yakni terkait pencatatan tentang aset. Selain itu juga tentang retribusi pajak, dimana ada potensi pajak yang belum tergali secara maksimal,”.pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan