infobanua.co.id
Beranda Blitar Para Pengunjung Dikawasan Wisata Kota Blitar Akan Dirapid Test

Para Pengunjung Dikawasan Wisata Kota Blitar Akan Dirapid Test

Blitar, Infobanua.co.id – Pememerintah Kota (Pemkot) Blitar, dalam hal ini Satgas covid-19 Kota Blitar, menginformasikan jika pihaknya akan melakukan rapid test secara acak terhadap pengunjung dikawasan wisata setelah berakhirnya masa pengetatan perjalanan pada Lebaran 2021.

Sekretaris Satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, mengatakan bahwa, pihaknya berencana secara acak akan melakukan rapid test terhadap pengunjung dikawasan wisata di Kota Blitar.

Dan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), jika ketersediaan rapid test mencukupi, maka akan dipergunakan untuk skrining pengunjung dikawasan wisata.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Blitar terkait ketersediaan rapid test,” kata Sekretaris Satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, Senin 31-05-2021.

Menurut Hakim, bahwa skrining terhadap pengunjung dikawasan wisata sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease-2019 atau covid-19 di Kota Blitar, pasca pemberlakuan larangan mudik dan pengetatan perjalanan pada Lebaran 2021 yang lalu.

“Karena selama ini sejumlah kawasan wisata di Kota Blitar, dibuka pada Lebaran 2021, meski dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan secara benar dan ketat,” jlentrehnya.

Lebih dalam Hakim menjelaskan bahwa, diantaranya kawasan wisata yang dibuka yakni kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK) dan Istana Gebang.

Kawasan wisata Makam Bung Karno telah banyak dikunjungi para wisatawan baik dari daerah maupun dari luar daerah Kota Blitar.

“Jika pengunjungnya ramai, kami berencana akan melakukan rapid test secara acak bagi para pegunjung,” ungkapnya.

Masih menurut Hakim, bahwa Satgas covid-19 juga sudah melakukan skrining menggunakan rapid test terhadap para Santri yang datang maupun yang kembali ke Pondok Pesantren (Ponpes).

Para santri yang akan kembali ke Ponpes baik di Kota Blitar maupun ke luar daerah harus menjalani rapid test antigen.

“Kami memfasilitasi rapid test untuk para Santri asal Kota Blitar yang hendak kembali ke Pondok Pesantren baik di dalam maupun ke luar daerah,” paparnya.

Selanjutnya Hakim menerangkan bahwa, selain itu Satgas covid-19 juga melakukan skrining terhadap para pemudik yang kembali ke Kota Blitar usai Lebaran 2021.

Satgas covid-19 melakukan rapid test terhadap pemudik yang kembali ke Kota Blitar melalui Stasiun Kereta Api Kota Blitar.

“Sepekan setelah libur Lebaran, kami beberapa hari melakukan rapid test terhadap pemudik di Stasiun Kereta Api, Kota Blitar,” terang Hakim.

Akhirnya Hakim menambahkan bahwa, saat ini Satgas covid-19 masih memantau kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kota Blitar.

Satgas covid-19 akan melakukan skrining kepada para Pekerja Migran Indonesia yang pulang ke Kota Blitar.

“Sedang jadual kepulangan para pekerja migran belum ada kepastian. Namun kami terus memantau ketika ada Pekerja Migran Indonesia yang pulang ke Jawa Timur, apakah ada yang dari Kota Blitar,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan