Pemkab HSU Hadiri Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

  • Whatsapp

Amuntai, infobanua.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara Virtual serentak se Indonesia yang di ikuti oleh lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh, Selasa (01/06/2021) yang bertempat di Mess Negara Dipa HSU.

Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di Gedung Pancasila di Inspekturi langsung oleh Presiden Ir. Jokowi Dodo, dalam amanatnya Jokowi menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, mengingat di negara kita sedang dilanda wabah COVID-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Dalam menghadapi ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.” Ucap Jokowi

Jokowi juga mengajak seluruh elemen bangsa di mana pun berada, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong-royong, serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang. Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju. Kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki, harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri yang berdiri di atas kaki sendiri.

“Mari kita buktikan ketangguhan kita. Mari kita menangkan masa depan kita. Kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air mari kita terus memperkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagi untuk sesama, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan”. Tambah Jokowi

Meskipun dilaksanakan secara virtual, Turut hadir dalam pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Bupati HSU, H. Abdul Wahid Hk, Ketua DPRD HSU, Waka Polres HSU, Dandim 1001 Amt-Blg dan Perwakilan Kejaksaan Negeri HSU.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *