infobanua.co.id
Beranda Blitar Walikota Blitar Pimpin Upacara Gerebeg Pancasila

Walikota Blitar Pimpin Upacara Gerebeg Pancasila

Blitar, Infobanua.co.id – Dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, menggelar upacara Grebeg Pancasila di halaman Istana Gebang, jalan Sultan Agung, Kota Blitar, Selasa 01-06-2021.

Pelaksanaan upacara dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) pencegahan penyebaran Corona Virus Disease-2019 atau covid-19 secara benar dan ketat.

Peserta upacara terdiri dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para pelaku Kesenian. Dan jumlah peserta upacara juga dibatasi.

Untuk diketahui bahwa, Kota Blitar menetapkan bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno, yang diperingati disetiap tahunnya.

Karena dalam bulan Juni mengandung beberapa peristiwa yang berhubungan dengan Bung Karno.

Tanggal 01 Juni sebagai Hari lahirnya Pancasila, tanggal 06 Juni sebagai hari lahirnya Bung Karno, dan tanggal 21 Juni wafatnya Bung Karno.

Dalam suasana yang normal, biasanya Pemkot Blitar menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam merayakan hari lahir Pancasila dan hari lahir Bung Karno serta hari ketika Bung Karno mangkat.

Tapi dalam masa pandemi covid-19 ini, perayaan hari lahir Pancasila dan hari lahir Bung Karno serta hari wafatnya Bung Karno dilaksanakan secara sederhana.

Sebab beberapa kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan massa untuk sementara ditiadakan.

Sejumlah kegiatan yang tidak dilakukan adalah kirab pusaka, kirab gunungan lima, pawai budaya, dan kenduri 1.000 tumpeng, yang biasa digelar di muka makam Bung Karno hingga ke Istana Gebang sepanjang satu Kilometer.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, mengatakan bahwa, Pemkot Blitar tetap menggelar bulan Bung Karno, tapi berhubung kondisi belum memungkinkan, maka diperingati secara sederhana.

“Karena masih dalam pandemi covid-19, beberapa kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan massa untuk sementara kami tiadakan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, seusai upacara, kepada awak media, Senin 01-06-2021. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan