infobanua.co.id
Beranda Blitar Percepat Vaksin Corona, Faskes Kota Blitar Buka Pendaftaran Vaksin Secara Online

Percepat Vaksin Corona, Faskes Kota Blitar Buka Pendaftaran Vaksin Secara Online

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, menginformasikan jika telah menerima lagi 100 vial atau 1.000 dosis vaksin covid-19 dari Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto, mengatakan jika sejumlah vaksin yang baru datang dari Provinsi Jawa Timur, langsung di distribusikan ke beberapa fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Blitar.

“Kami dapat kiriman lagi 100 vial vaksin kemarin malam, dan langsung kami distribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto, Selasa 22 Juni 2021.

Menurut Didik, program vaksinasi di Kota Blitar sudah masuk tahap tiga dan tahap empat.

Program vaksinasi tahap tiga dan tahap empat tersebut menyasar kepada warga masyarakat rentan dan warga masyarakat umum.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi tahap tiga dan tahap empat ini, kami minta sejumlah fasilitas kesehatan untuk mengumumkan dan membuka pendaftaran vaksin secara online,” jlentrehnya.

Lebih dalam Didik menjelaskan, disetiap fasilitas kesehatan diminta untuk membuat aplikasi pendaftaran vaksin secara online.

Dengan sistem online, warga masyarakat bisa melihat jadual dan stok vaksin di tiap fasilitas kesehatan.

Warga masyarakat juga dapat memilih fasilitas kesehatan sesuai keinginannya untuk mengikuti vaksin.

“Warga masyarakat dapat melihat jadual dan stok vaksin di tiap faskes. Kemudian warga masyarakat bisa mendaftar secara online untuk ikut vaksin di salah satu faskes,” ungkapnya.

Masih menurut Didik, langkah tersebut sebagai upaya mempercepat program vaksinasi di Kota Blitar.

Saat ini jumlah warga masyarakat rentan yang sudah menjalani vaksin dosis pertama sebanyak 664 orang dan dosis kedua sebanyak 14 orang.

Sedang jumlah warga masyarakat umum yang sudah menjalani vaksin dosis pertama ada 1.603 orang dan dosis kedua 165 orang.

“Kami juga menjadualkan program vaksinasi untuk pedagang di pasar tradisional dalam pekan ini,” jelas Didik.

Selanjutnya Didik memaparkan, jika sampai sekarang capaian program vaksinasi tahap satu dan tahap dua di Kota Blitar mencapai 110,31 porsen untuk dosis satu dan 64,09 porsen untuk dosis dua.

“Sedangkan vaksinasi tahap satu dan tahap dua tersebut menyasar pada tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, dan lansia dengan jumlah komulatif sasaran 27.371 orang,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan