Pemkab Tapin Bersama TNI Rencana Tanam Sejuta Pohon Sekaligus Restocking Tebar Bibit Ikan Pada 9 Juli 2021

  • Whatsapp

TAPIN, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tapin mendukung rencana Pemprov Kalsel melaksanakan program lanjutan penanaman satu juta pohon serentak se-Kalsel yang bakal dilaksanakan pada hari Jum’at, 9 Juli 2021.

Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin bersama TNI AD Kodim1010 Tapin dan Dinas Perikanan beserta stakeholder terkait menggelar rapat kordinasi persiapan rencana penanaman sekaligus penebaran bibit ikan di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Selasa (6/7/2021) bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Tapin.

Rapat Koordinasi dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup H.Nordin, Komandan Kodim 1010 Tapin diwakili Pasi Intel Kapten.Waluyo, Kepala Dinas Perikanan H.Parianata.

Dandim 1010 Tapin, Let.Inf.Andi Sinrang melalui anggota perwakilannya Pasi Intel, Kapten Waluyo menyambut baik kordinasi rencana penghijauan dan lanjutan penanaman sejuta pohon se Kalsel yang turut bakal dilaksanakan di Tapin bersama TNI Kodim 1010 Tapin.

“Kita sudah berkordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup bersama-sama sejalan mendorong masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian tanaman. Bahkan kita sudah menyiapkan dua jenis tanaman yaitu pohon kayu dan pohon buah yang bakal ditanam,”katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin, H.Noordin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapin mendukung program lanjutan penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan serentak masing-masing kabupaten kota se-Kalsel, termasuk Kabupaten Tapin.

Lokasi penanaman rencananya di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin, kawasan yang direncanakan Bupati menjadi wisata kreatif dan sudah dilaksanakan program padat karya dengan membersihkan aliran sungai dan membongkar bangunan dibantaran sungai.

“Tujuan penanaman pohon yang kita laksanakan adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kemudian mempekakan fungsi lingkungan dengan melakukan penghijauan pada lokasi-lokasi yang dinilai kritis dan kebetulan lokasi yang dipilih di jalur padat sungai yang notabene tanamannya sangat kurang,”katanya.

“Penanaman pohon dilaksanakan berkordinasi bersama prajurit TNI Kodim 1010 Tapin, dimana disiapkan bibit tanaman pohon sebanyak 5 jenis tanaman sebanyak 1.250 batang.Diantaranya jenis tanaman alpukat, mahoni, sangon, dan lainnya. Selain itu juga sesuai permintaan Bupati Tapin, bibit ikan bakal ikut ditebar dan sudah disiapkan oleh Dinas Perikanan Tapin,”katanya.

Kepala Dinas Perikanan Tapin, H.Parianata menyambut baik kegiatan penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan dan sangat apresiasi sekali karena Dinas Perikanan Tapin dilibatkan pimpinan daerah untuk ikut melakukan restocking atau tebar bibit.

“Rencananya pihak kami bakal menebar bibit ikan jenis Pepuyu dan Nila sebanyak 10 ribu hingga 15 ribu. Tujuan restocking penebaran bibit ikan ini diharapkan bisa berkembang dan dibudidayakan masyarakat setempat sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *