Permudah Distribusi Hasil Pertanian Lewat Pembangunan Jalan Usaha Tani Desa Karyasari Rengasdengklok

  • Whatsapp

Karawang, Infobanua,co.id – Para petani dan warga masyarakat Dusun babakan tengah Desa Karyasari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang sebentar lagi bisa menikmati akses jalan nyaman karena ada kegiatan pembangunanJalan Usaha Tani (JUT) Infrastruktur tersebut berupa pengerasan jalan sepanjang 900 meter dan lebar 2 meter, sumber dana Dak fisik penugasan bidang pertanian, dengan jumlah anggaran 180.000.000,- anggaran tahun 2021..

Dedi Rohadi Ketua Kelompok tani Karyamekar Desa Karyasari mengatakan,” pembangunan JUT sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha tani di wilayah Desa Karyasari persawahan dan hasil bumi lainnya.

“Dipastikan jalan ini akan memangkas waktu dan biaya usaha tani. Petani padi dengan mudah bisa melangsir hasil panen ke jalan raya untuk segera diangkut ke pasar. Diharapkan dengan adanya jalan tersebut, biaya produksi berkurang. Bongkar muat barang yang sebelumnya diakukan dengan tenaga manusia, kini digantikan kendaraan,”Ujar Dedi Rohadi Sabtu,” 10/072021.

Ditambahkan, selama ini petani merasa kesulitan untuk mengangkut hasil panen dan hasil, karena kondisi jalan yang tidak bagus. Di sisi lain, petani tidak mungkin menaikkan harga jual terlalu tinggi sebagai kompensasi atas adanya biaya transportasi. Hal tersebut menjadi salah satu penghambat kemajuan bagi para petani di Desa Karyasari.Kecamatan Rengasdengklok,”Katanya.

“DiTahun 2021 ini petani Desa Karyassri khususnya bisa sedikit bernafas lega dengan di laksanakanaya pembangunan jalan usaha tani (JUT) yang menembus area persawahan.yang di kerjakan oleh warga masyarakat dan kelompok tani

Ajis salah seorang petani dan warga setempat mengaku sangat bersyukur,” dengan dilaksanakanya kegiatan pembangunanJalan Usaha Tani( JUT) sebab ketika musim hujan jalan ini sulit di lalui kendaraan, sangat licin karena adanya tanah yg berlumpur,”Bebernya.

“Dulu, jalan ini untuk lewat saja susah. Licin, dan terkesan seram. Sekarang sedang di laksanakan kegiatan pembangunanya, saya berharap warga dan anggota Kelompok Tani untuk menjaga jalan ini dengan baik. Tak lupa kami ucapkan terima kasih banyak pada Pemkab Karawang,”Ucapnya.

Dedi Rohadi memuji kerja sama warga desa yang turut membangun infrastruktur jalan tersebut. Menurutnya, dengan pembangunan proyek fisik secara swakelola dan padat karya dapat melatih kemandirian warga dan sekaligus dapat menumbuhkan rasa memiliki,”Pungkasnya

Mukhlis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *