infobanua.co.id
Beranda Blitar Warga Kota Blitar Dihimbau Agar Sholat Idul Adha di Rumah Masing-Masing

Warga Kota Blitar Dihimbau Agar Sholat Idul Adha di Rumah Masing-Masing

Blitar,Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan di Tempat Ibadah Dalam Masa PPKM Darurat menjelang Hari Raya Idul Adha 2021 di pimpin langsung oleh Walikota Blitar, Sabtoso, di Kantor Wali Kota Blitar, jalan Merdeka, Sabtu 17 Juli 2021.

Tampak hadir dalam rapat koordinasi antara lain Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, Dandim 0808/Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono, perwakilan sejumlah tokoh agama, MUI, FKUB, perwakilan kepala OPD dan Camat.

Selesai rapat koordinasi, Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, jika para tokoh agama siap melakukan Instruksi dari Mendagri, Kemenag, dan Gubernur Jawa Timur, tentang pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha dalam masa PPKM Darurat.

“Tadi sudah disepakati bersama oleh para tokoh agama, MUI, dan FKUB. Kota Blitar siap melaksanakan Instruksi dari Mendagri, Kemenag, dan Gubernur Jawa Timur tentang pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha dalam masa PPKM Darurat,” kata Walikota Blitar Santoso.

Menurut Santoso, sesuai Instruksi dari Mendagri, Kemenag, dan Gubernur Jawa Timur, Pemkot Blitar menghimbau kepada warga masyarakat untuk melakukan Sholat Idul Adha di rumah masing-masing, sebab masih dalam masa PPKM Darurat.

Selain itu pihaknya juga menghimbau kepada warga masyarakat menyembelih hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Jika ingin menyembelih hewan kurban di lingkungannya tetap harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19,” terangnya.

Masih menurut Santoso, sedangkan untuk pembagian daging hewan kurban, pihaknya juga menghimbau agar diserahkan secara door to door ke rumah warga.

Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan orang ketika pembagian daging hewan kurban.

“Berhubung kasus covid-19 masih tinggi, kami minta agar warga masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan benar dan ketat, serta hindari kerumunan,” jlentrehnya.

Sementara itu Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, mengatakan Polri bersama TNI akan membantu pengamanan pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha 1442.H/2021.M.

Dan petugas gabungan juga akan gencar melalukan penyekatan untuk mengantisipasi adanya takbir keliling.

“Senin sore kami akan melaksanakan gelar pasukan. Kemudian personil akan kami sebar di sejumlah titik yang sudah ditentukan. Kami juga akan melakukan penyekatan untuk mengantisipasi takbir keliling,” ungkap Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan