infobanua.co.id
Beranda Blitar PHRI Kota Blitar Berharap Wisata Kota Blitar Segera Dibuka Kembali

PHRI Kota Blitar Berharap Wisata Kota Blitar Segera Dibuka Kembali

Blitar, infobanua.co.id – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Blitar, menyatakan bila sejumlah pelaku wisata perhotelan di Kota Blitar sudah selesai mendapat vaksin Corona Virus Disease-2019 (covid-19) dosis dua.

Ketua PHRI Kota Blitar, Anwar Sani, mengatakan, karena para pelaku wisata perhotelan sudah mendapat vaksin, selanjutnya PHRI Kota Blitar berharap, agar sektor pariwisata di Kota Blitar, segera dibuka kembali, sehingga bisnis hotel dapat menggeliat lagi.

“Para pelaku wisata perhotelan sudah mendapat vaksin dosis kedua. Hari ini kelompok terakhir yang mendapat vaksin dosis dua,” kata Ketua PHRI Kota Blitar, Anwar Sani, kepada awak media, Senin 23-08-2021.

Menurut Sani, pelaksanaan vaksin untuk pekerja hotel tersebut salah satu upaya untuk mempercepat program vaksinasi covid-19 di wilayah Kota Blitar.

“Kami berharap bila semua warga masyarakat sudah mendapat vaksin, sehingga aktivitas warga masyarakat dapat normal kembali,” jlentrehnya.

Lebih dalam Sani menuturkan, pihaknya mendorong percepatan vaksin covid-19.

Kalau 70 porsen warga masyarakat Kota Blitar sudah divaksin, aktivitas dapat kembali normal, sehingga sektor pariwisata dapat dibuka kembali dan bisnis hotel tentunya juga akan menggeliat dan bangkit kembali.

Karena selama pandemi dan PPKM, bisnis hotel dan restoran seperti mati enggan hidup tak mau, dan okupansi hotel hanya 10 hingga 15 porsen saja.

Selanjutnya Sani menerangkan bahwa, selama pandemi dan PPKM para pelaku perhotelan hanya bertahan agar sekedar tetap dapat beroperasi.

“Jumlah hotel di Kota Blitar sebanyak 14 hotel dengan jumlah pekerja 678 orang, dan jumlah pekerja hotel yang telah divaksin lewat PHRI sebabyak 329 orang,” terangnya.

Masih menurut Sani, para pekerja hotel yang masuk data ikut vaksin di PHRI hanya separuh.

Mungkin lainnya ikut vaksin di tempat tinggalnya sendiri, karena PHRI sudah memberikan himbauan ke para pekerja hotel untuk ikut vaksin.

Sani juga menambahkan jika pelaksanaan vaksinasi dosis pertama untuk para pekerja hotel sudah dilakukan sejak bulan Mei 2021, dan para pekerja hotel mendapat vaksin jenis AstraZeneca.

“Vaksin untuk pekerja hotel jenis AstraZeneca. Sehingga antara jarak dosis satu dan dosis dua tiga bulan. Sehingga bulan Agustus 2021 ini baru dilakukan vaksin dosis kedua untuk pekerja hotel,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, sebelumnya para pelaku wisata di kawasan wisata Makam Bung Karno, Kota Blitar, sekitar 65 porsen dari jumlah 778 orang juga sudah mendapat vaksin covid-19.

Sedangkan para pelaku wisata di kawasan Makam Bung Karno yang sudah mendapat vaksin tersebut adalah para abang Becak Wisata dan para Pedagang Suvenir. (Eko.B).

 

Bagikan:

Iklan