infobanua.co.id
Beranda Blitar Dinkop dan UM Kota Blitar Dorong KWT Dirikan Koperasi Berbadan Hukum

Dinkop dan UM Kota Blitar Dorong KWT Dirikan Koperasi Berbadan Hukum

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Koperasi dan UM, Kota Blitar, menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tentang perkoperasian untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) yang digelar di ruang pertemuan Dinas Koperasi dan UM, jalan Imam Bonjol, Kota Blitar, Senin 06-09-2021.

Dinas Koperasi dan UM, Kota Blitar, mendorong para Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk membentuk Koperasi yang berbadan hukum.

Wali Kota Blitar, Santoso, mengatakan, dengan membentuk Koperasi yang berbadan hukum, dengan harapan para Kelompok Wanita Tani dapat mengakses bantuan modal dari Pemerintah.

“Hari ini Dinkop dan UM melakukan diklat perkoperasian kepada KWT. Dengan harapan para KWT mampu mendirikan Koperasi yang berbadan hukum,” kata Santoso, ketika membuka diklat.

Menurut Santoso, jika Kelompok Wanita Tani sudah memiliki Koperasi yang berbadan hukum, maka akan dengan mudah mengakses bantuan modal dari Pemerintah.

“Bantuan modal dapat digunakan untuk mengembangkan usaha di kelompoknya,” jlentrehnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Blitar, Sad Sasmintarti, mengatakan, jika pelatihan ini untuk memberi motivasi kepada Kelompok Tani Wanita agar mendirikan Koperasi. Sebab pihaknya melihat ada potensi di Kelompok Wanita Tani untuk mendirikan Koperasi.

“Memang selama ini kami belum menyentuh anggota Kelompok Wanita Tani. Padahal kami melihat di Kelompok Wanita Tani ada potensi untuk membentuk Koperasi,” kata Plt Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Blitar, Sad Sasmintarti.

Menurut Sad, pada hal para Kelompok Wanita Tani masing-masing sudah memiliki usaha dan tinggal mengembangkan saja.

“Jadi tujuan diklat ini untuk memberitahukan tentang Koperasi dan potensi usaha riil Koperasi dalam bentuk pengelolaan hasil tani secara bersama,” ungkapnya.

Lebih dalam Sad menuturkan, Kelompok Wanita Tani yang sudah terdata di Dinas Koperasi dan UM Kota Blitar ada sekitar 80 kelompok.

“Sementara ada 80 Kelompok Wanita Tani, nantinya secara bertahap, semua akan kami adakan pelatihan. Sebab Usaha Kelompok Wanita Tani ini bermacam-macam, ada yang usahanya pengolahan ikan Lele,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan