infobanua.co.id
Beranda Blitar Meski Sudah Turun Level, Kota Blitar Gencar Tingkatkan Tracing dan Testing

Meski Sudah Turun Level, Kota Blitar Gencar Tingkatkan Tracing dan Testing

Blitar, Infobanua.co.id –Walaupun Pemetintah Kota (Pemkot) Blitar telah turun dari PPKM Level 4 menjadi PPKM Level 3, namun Pamkot Blitar terus meningkatkan tracing dan testing untuk menekan tingkat penularan kasus positif Corona Virus Disease-2019 (covid-19).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Priyo Suhartono, mengatakan, Pemkot Blitar menargetkan dimana tiap ada satu orang terkonfirmasi positif covid-19, pelaksanaan tracing dan testing minimal 15 orang kontak erat.
“Tracing dan testing kami tingkatkan lagi. Dimana tiap ada satu orang terkonfirmasi, minimal harus ada 15 orang kontak erat yang ditracing dan testing,” kata Sekda Kota Blitar, Priyo Suhartono, usai rapat evaluasi penanganan covid-19, Jum’at 10 September 2021.
Menurut Priyo, ada tiga ring kontak erat yang harus dilakukan tracing dan testing ketika ada kasus konfirmasi.
Tiga ring kontak erat tersebut adalah keluarga, tetangga dan lingkungan kerja.
“Tidak hanya keluarga, tapi tetangga dan lingkungan kerja orang yang tetkonfirmasi juga harus ditracing dan testing,” jlentrehnya.
Masih menurut Priyo, selama ini pelaksanaan tracing dan testing masih kurang maksimal.
Sebab selama ini, tracing dan testing hanya dilakukan untuk kontak erat di lingkungan keluarga saja.
Jumlah kontak erat yang ditracing dan testing juga di bawah 10 orang tiap satu kasus konfirmasi covid-19. Dan itupun tidak semua kontak erat yang ditracing menjalani testing.
“Semisal terdapat 10 orang yang ditracing, tapi yang ditesting hanya lima orang. Seharusnya semua yang masuk tracing juga harus ditesting,” ungkapnya.
Lebih dalam Priyo menuturkan, upaya meningkatkan tracing dan testing tersebut untuk menekan angka kasus covid-19 di Kota Blitar. Karena sekarang positif rate di Kota Blitar masih cukup tinggi, masih di atas 15 porsen.
“Kami harus menurunkan positif rate, tidak lebih dari lima porsen,” pungkasnya.
Untuk diketahui, sekarang status Kota Blitar sudah masuk di PPKM Level 3 dari yang sebelumnya berada di Level 4. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan