infobanua.co.id
Beranda TAPIN TP-PKK Tapin Harapkan Kordinasi dan Sinkronisasi Program PKK

TP-PKK Tapin Harapkan Kordinasi dan Sinkronisasi Program PKK

TAPIN, INFOBANUA.co.id – Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin harapkan kordinasi dan sinkronisasi (selaras) program PKK dengan pembangunan daerah.
Jadi sebelum membuat program atau kegiatan, TP-PKK Kabupaten Tapin berkordinasi lebih dulu dengan Pemerintah Daerah untuk menyelaraskan program PKK dengan pembangunan di daerah.

Hal itu diungkapkan Ketua TP-PKK Kabupaten Tapin, Hj.Ratna Ellyani dalam rapat kordinasi mendorong sinergitas kebijakan perencanaan program gerakan PKK, Jum’at (10/12), bertempat di Bidakara Grand Pancoran, Jakarta Selatan.

Menurut Ratna Ellyani, penyelarasan program dengan pemerintah daerah Kabupaten Tapin selalu dilakukan TP PKK Kabupaten Tapin setiap tahunnya, karena peran PKK sendiri sebagai rekan kerja pemerintah untuk bersama – sama membangun daerah.

“Hal ini sesuai dengan arahan dari Ketua Umum PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, bahwa PKK harus membuat program yang selaras dengan pemerintah daerah,” Jelasnya.

Diakui Istri Bupati Tapin ini, bahwa dengan penyelarasan program saat ini banyak kegiatan yang telah dilakukan TP PKK Tapin bekerjasama dengan Pemerintah daerah salah satunya seperti program peningkatan kualitas keluarga dengan sasaran meningkatkan desa tertinggal menjadi desa maju.

“Untuk program tahun 2022 nanti, PKK akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah tentang prioritas pembangunan,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian menekankan, perlunya penajaman program prioritas gerakan PKK. Penajaman dilakukan dengan mengacu pada 10 program pokok PKK. Upaya ini bertujuan agar TP PKK memiliki satu visi dan misi dalam pelaksanaan programnya.

Selain itu, 10 program pokok tersebut harus selaras dengan program prioritas pemerintah yang berjalan saat ini. Dari keselarasan itu, TP PKK kemudian merumuskan sejumlah program unggulan yang didasarkan pada berbagai komponen program terkait, yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing.

“Dari sinilah maka akan diperoleh empat komponen program yang ada keselarasannya dengan 10 program pokok PKK, yaitu pertama program kesehatan, (kedua) pendidikan, (ketiga) ekonomi, dan (keempat) sosial,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan