infobanua.co.id
Beranda Blitar Polisi Amankan Truk Pengangkut Pupuk Urea Asal Kabupaten Blitar

Polisi Amankan Truk Pengangkut Pupuk Urea Asal Kabupaten Blitar

Blitar, Infobanua.co.id – Polsek Kanigoro / Polres Blitar, berhasil mengamankan truk pengangkut Pupuk Urea berasal dari Kabupaten Blitar, yang diduga akan dibawa ke luar kota.

Kapolsek Kanigoro, AKP Tri Wahyudi, mengatakan, Polsek Kanigoro menemukan truk yang diduga mengangkut pupuk bersubsidi di wilayah Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, pada Senin 07 Pebruari 2022, malam.

“Kejadian berawal sekitar pukul 11.30 WIB, ketika petugas patroli, mendapati ada dua truk yang sedang berhenti dan memindahkan barang yang diduga pupuk bersubsidi,” kata Kapolsek Kanigoro, AKP Tri Wahyudi, Rabu 09-01-2022.

Menurut Wahyudi, kemudian ketika dilakukan pemeriksaan, diketahui jika pupuk-pupuk tersebut berasal dari Kecamatan Wonotirto, Kanupaten Blitar, dipindahkan dari truk lain untuk dikirim ke daerah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

“Karena pupuk bersubsidi termasuk barang yang diawasi dan pupuk ini diduga akan dikirim keluar wilayah Kabupaten Blitar, sehingga Polsek Kanigoro mengamankan truk ini ke Polsek Kanigoro untuk proses penyelidikan lebih lanjut,” jlentrehnya.

Lebih dalam Tri Wahyudi menuturkan, saat ini dari Polsek Kanigoro sudah melimpahkan kasus tersebut ke unit Pidsus Satreskrim Polres Blitar, untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blitar, Wawan Widianto, mengaku sudah mendapatkan laporan tentang dugaan penyelewengan pupuk bersubsidi tersebut.

Namun terkait pendistribusian tersebut, dia berdalih bukan wewenangnya, karena Dinas Pertanian hanya membagi kuotanya saja.

Sedangkan pendistribusiannya sudah ditangani oleh tim bentukan Presiden, yakni KP3, yang terdiri dari Kejaksaan, Kepolisian dan TNI.

“Yang jelas, kami menyayangkan dengan kejadian itu. Terkait kasus hukumnya, itu menjadi wewenang Kepolisian yang mengungkap dugaan penyimpangan itu.” jelas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blitar, Wawan Widianto. (OKE). 

Bagikan:

Iklan