infobanua.co.id
Beranda Blitar Walikota Blitar Buka Pelatihan Akuntabilitas Koperasi

Walikota Blitar Buka Pelatihan Akuntabilitas Koperasi

Blitar, Infobanua.co.id –Pemerintah Kota Blitar, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kota Blitar, menggelar pelatihan akuntabilitas Koperasi yang diselenggarakan di Wisma Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) jalan Kalimantan, Kota Blitar, Senin 07-03-2022.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Walikota Blitar, Santoso, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Priyo Suhartono, dan para insan Koperasi diwilayah Kota Blitar.

Wali Kota Blitar, Santoso, berkenan membuka langsung secara resmi akan pelatihan akuntabilitas Koperasi tersebut.

Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kota Blitar, dari 280 buah Koperasi yang ada di wilayah Kota Blitar, yang sudah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) baru sepertiganya, dengan kondisi yang seperti itu menandakan jika banyak Koperasi yang tidak sehat.

“Koperasi dinyatakan sehat, jika Kopersi sudah melakukan Rapat Anggota Tahunan,” kata Walikota Blitar, Santoso, kepada awak media, seusai membuka pelatihan akuntabilitas Koperasi.

Menurut Walikota Blitar, Santoso, saat ini ada banyak faktor kenapa Koperasi belum melaksanakan RAT, mungkin karena keuangan tidak bagus, pengelolaannya tidak baik, daya inovasi dan kreatifitas dari pengurusnya berkurang.

“Untuk itu dalam kegiatan kali ini kami hadirkan narasumber dari Malang, dengan harapan bebar-benar dapat membekali terhadap para pengurus Koperasi, sehingga setelah pelatihan, mereka mampu menjalankan Rapat Anggota Tahunan dengan memanfaatkan kecanggihan di bidang IT,” jlentrehnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kota Blitar, Juyanto, mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan akuntabilitas tersebut, Koperasi-Koperasi yang selama ini ada kendala di RAT, dengan diadakannya pelatihan ini dapat disharingkan dengan narasumber apa kendalanya.

“Dalam kegiatan ini, Bapak Sekda Kota Blitar, Priyo Suhartono, juga berkenan menjadi narasumber. Ini merupakan bentuk kepedulian Pak Sekda terhadap perkoperasian yang ada di Kota Blitar,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kota Blitar, Juyanto.

Selanjutnya Juyanto berharap, untuk kedepannya para insan Koperasi akan lebih bersemangat, sehingga bisa mewujudkan cita-cita Koperasi yang dapat mensejahterakan para anggota khususnya dan warga masyarakat pada umumnya.

“Memang untuk Koperasi yang sehat salah satu indikatornya adalah Koperasi yang menyelenggarakan RAT, karena di RAT inilah kunci dan bentuk pertanggungjawaban pengurus terhadap para anggotanya,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan