infobanua.co.id
Beranda Blitar DPRD Kab.Blitar, Dukung Program OVOP

DPRD Kab.Blitar, Dukung Program OVOP

Blitar, Infobanua.co.id –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar, mendukung langkah Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Blitar, dalam upaya menggalakan program Satu Desa Satu Produk atau One Village One Product (OVOP).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib, mengatakan, pihaknya sangat optimis sekali dengan program OVOP yang dapat membawa dampak kemajuan perekonomian bagi warga masyarakat Desa.

“Kuncinya adalah, seluruh elemen Desa solid dalam bergotong royong,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib, Rabu 09-03-2022.

Menurut Abdul Munib, di samping itu, Pemerintah Desa sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat Desa, juga harus mampu menjadi penggerak di seluruh sektor. Baik di sektor pertanian, perikanan, wisata dan sektor-sektor lainya.

‘’Sebenarnya Kabupaten Blitar mempunyai potensi yang luar biasa dalam program OVOP, Pemerintah Desa harus berani tampil sebagai pioneer, supaya di setiap Desa bisa muncul produk-produk unggulan Desa yang dapat membawa dampak terhadap kemajuan ekonomi Desa itu sendiri,’’ jlentrehnya.

Lebih dalam Abdul Munib, menuturkan, dalam menciptakan produk unggulan Desa, Pemerintah Desa memerlukan dukungan dari Pemerintah Daerah.

Terutama terhadap infrastruktur maupun pemasaran produk.

Dalam hal ini Pemetintah Kabupaten Blitar melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus terus memberikan pendampingan dan pembinaan secara konsisten kepada warga masyarakat di tingkat Desa.

“Program OVOP ini adalah terobosan. Kami dari DPRD mendukung penuh dengan program ini. Kami mendorong agar Pemkab. Blitar memberikan support pembinaan dan pendampingan. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan sarana, prasarana dan infrastruktur pendukung. Seperti jalan desa dan jalan akses menuju lokasi wisata agar apa yang diharapkan dari program ini benar-benar bisa tercapai,’’ terangnya.

Sebelumnya, Bupati Blitar Rini Syarifah, telah menyampaikan, melalui konsep OVOP tersebut suatu daerah menetapkan satu produk yang memiliki keunikan atau spesifik tersendiri untuk dikembangkan sehingga akan memberikan nilai tambah pada produk tersebut.

Yang selanjutnya produk tersebut akan memberikan kontribusi pendapatan cukup besar bagi daerahnya, karena produknya memiliki keunggulan dan bisa masuk di pasar Nasional, bahkan sampai Internasional.

Produk OVOP adalah produk suatu daerah dengan keunikan atau spisifik yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

“Kami mendorong setiap Desa di wilayah Kabupaten Blitar, untuk mampu menciptakan produk yang unik, spesifik atau ciri khas tersendiri. Sehingga produk unik itu bisa menjadi produk UMKM, destinasi wisata, hingga kerajinan,” kata Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Selanjutnya Bupati Blitar, Rini Syarifah, berharap agar produk unik tersebut akan menarik minat baik bagi para wisatawan lokal maupun para wisatawan mancanegara dan menjadi peluang bisnis baru yang dapat mengangkat perekonomian Daerah.

“Kami berharap, produk unik itu akan menarik minat bagi para wisatawan lokal ataupun wisata mancanegara dan bisa menjadi peluang bisnis baru, yang dapat mengangkat perekonomian Daerah,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan