infobanua.co.id
Beranda Blitar Kemenag Kab.Blitar Akan Menggelar Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari, Sore Ini

Kemenag Kab.Blitar Akan Menggelar Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari, Sore Ini

Blitar, Infobanua.co.id –Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, kembali akan menggelar rukyatul hilal di Bukit Banjarsari Kecanatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, untuk penentuan awal Ramadhan.

Kasi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Mun Im Sufufi, mengatakan, pihaknya akan menggelar Sidang Isbat atau penetapan 01 Ramadhan 1443 H pada hari ini, Jum’at 01 April 2022 petang nanti di Bukit Banjarsari Kecamatan Wonotirto.

“Tahun ini rukyatul hilal tetap dilakukan di Bukit Banjarsari, Wonotirto, karena sudah ditetapkan menjadi salah satu tempat pemantauan hilal di Kabupaten Blitar, meski berdasarkan hasil rukyatul hilal tahun lalu, saat penentuan awal syawal tidak terlihat,” kata Kasi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Mun Im Sufufi, kepada awak media, Jum’at 01-04-2022.

Menurut Mum Im Sufufi, rukyatul hilal penentuan awal Ramadhan di Kabupaten Blitar dilaksanakan sore hari sekitar pukul 17.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang benar dan ketat.

Sementara ditempat terpisah Kantor Kemenag Tulungagung akan mengikuti rukyatul hilal bergabung di Kemenag Kabupaten Blitar.

Staff Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Tulungagung, Syaf’an Aini Rosydi, mengatakan, sampai saat ini Kabupaten Tulungagung masih belum menjadi daerah pemantauan hilal untuk menentukan 01 Ramadhan 1443 Hijriyah.

“Sebab wilayah Kabupaten Tulungagung masih tertutup oleh bukit dan pegunungan disekitarnya, sehingga belum masuk dalam kriteria pemantauan hilal di Jawa Timur,” kata Staff Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Tulungagung, Syaf’an Aini Rosydi, saat ketemu awak media di kantor Kemenag Kabupaten Blitar.

Menurut Syaf’an, meski begitu sebelumnya Kemenag Tulungagung juga sempat melakukan survey ke beberapa titik di Wilayah Tulungagung seperti di daerah pantai selatan, namun masih belum ada yang cocok untuk pemantauan hilal.

“Sekarang Kantor Kemenag Tulungagung membentuk tim perwakilan ke Blitar untuk mengikuti prosesi pemantauan hilal pada hari ini, karena prosesi rukyatul hilal di Blitar juga akan diikuti oleh beberapa kantor Kemenag lainnya seperti Ponorogo, Trenggalek dan Kediri,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan