infobanua.co.id
Beranda Blitar Bulan Ramadhan Membuat Barkah Bagi Para Penyandang Disabilitas di Blitar

Bulan Ramadhan Membuat Barkah Bagi Para Penyandang Disabilitas di Blitar

Blitar, Infobanua.co.id – Para penyandang disabilitas di Blitar yang membuat Batik Ciprat di Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, rupanya di bulan Ramadhan tahun ini membawa berkah tersendiri.

Karena dalam bulan Ramadhan tahun ini, para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Yayasan Kinasih, produsen mukena dan songkok atau peci dengan motif batik ciprat kebanjiran pembeli.

Selain membuat peci dan mukena batik ciprat, para penyandang disabilitas juga membatik kain untuk baju dan lainnya.

Founder Yayasan Rumah Kinasih, Edy Cahyono, mengatakan, untuk bulan Ramadhan 2022 ini, banyak pesanan tema Ramadhan.

Seperti baju, mukena dan baju koko. Selain itu juga banyak pesanan batik lainya untuk baju Idul Fitri.

“Muaranya adalah banyak pesanan dalam bulan Ramadan ini, seperti sarung, peci, dan mukena, semua dibuat dengan tangan anak-anak disabilitas,” kata Founder Yayasan Rumah Kinasih, Edy Cahyono, Minggu 24-04-2022.

Menurut Edy, pesanan paling banyak dari luar daerah Blitar, yakni Jakarta, Sumatera, Sulawesi serta Kalimantan, dan pemesan dari luar daerah tersebut berjumlah banyak.

“Dalam sehari teman-teman disabilitas mampu memproduksi 25 hingga 30 buah baju. Sedangkan untuk peci kami buka harga Rp 50 ribu, sedangkan untuk mukena Rp 200 ribu,” jlentrehnya.

Lebih dalam Edy menuturkan, meski para disabilitas mempunyai keterbatasan. Tapi mereka tetap semangat ketika membatik dan menjahit.

“Banyaknya pesanan membuat kuwalahan para teman-teman disabilitas, sehingga akhirnya kami sesuaikan dengan kemampuan mereka,” pungkasnya.

(Eko.B) 

Bagikan:

Iklan