infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Bupati Batola Harapkan Pengelolaan Desa Semakin Baik, 83 Perangkat Pemdes Ikuti Bimtek

Bupati Batola Harapkan Pengelolaan Desa Semakin Baik, 83 Perangkat Pemdes Ikuti Bimtek

MARABAHAN – Jajaran Kantor Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala ( Batola), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Perangkat Pemerintah Desa (Pemdes).

Diselenggarakan di Hotel Rodhita, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kegiatan ini dibuka Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, Sabtu (14/05/2022), diikuti 83 orang peserta yang terdiri dari 52 laki-laki dan 31 perempuan.

Turut hadir, Kepala Dinas PMD Batola Mochammad Aziz, Camat Wanaraya Slamet Riyadi, Kepala BKAD Kecamatan Wanaraya Trisno Subroto dan para kades.

“Saya berharap momen ini menjadi langkah peningkatan kerja sama yang sinergis dalam upaya meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa yang lebih baik,” ucap Bupati Noormiliyani.

Disampaikannya pula bahwa Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa ini akan membuka wawasan dan meningkatkan pengetahuan yang dapat menciptakan harmonisasi hubungan antara para aparatur pemdes.

Mengingat, materi yang diberikan sangat berhubungan dengan peran dan fungsi mereka, yaitu manajemen pemdes, penyusunan produk hukum desa, hingga tata kelola keuangan desa, sesuai Permendes PDT Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Sehingga, para aparatur pemdes mampu membangun pola pemikiran dan tindakan yang sama untuk bersinergi dalam membangun desa, sesuai kedudukan, tugas dan fungsi masing-masing.

“Terpenting dari momen ini, kami harapkan akan semakin memperkuat rasa kebersamaan agar ke depan semakin baik dan terarah, serta sejalan dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan,” ucap Bupati Noormiliyani.

Bupati satu-satunya perempuan di Kalsel ini berpesan kepada seluruh peserta agar memahami sungguh-sungguh materi yang diberikan, terutama terkait peran dan kewenangan agar masing-masing pihak dalam bekerja tidak melampaui kewenangan.

Mengingat, dalam penyelenggaraan pemerintahan yang terpenting adalah bagaimana pemerintahan desa mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing masyarakat.

Kepada seluruh peserta, bupati yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini juga mengharapkan untuk bisa memahami regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan.

“Rajin-rajinlah berdiskusi dan membaca aturan. Manfaatkan teknologi dalam menggali pengetahuan dalam menjalankan pembangunan di desa masing-masing,” pintanya.

Isteri Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Hasanuddin Murad ini juga meminta para peserta untuk jangan ragu dan malu bertanya, serta mengemukakan pendapat atau permasalahan, agar setelah mengikuti bimtek mampu menerapkan dalam rangka peningkatan kinerja bagi masyarakat.

sumber:

https://banjarmasin.tribunnews.com/2022/05/15/bupati-batola-harapkan-pengelolaan-desa-semakin-baik-83-perangkat-pemdes-ikuti-bimtek

Bagikan:

Iklan