infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Kawasan Area Venue MTQ Nasional XXIX 2022 Gubernur Kalsel Gelorakan Gerakan Revolusi Hijau Menanam Pohon

Kawasan Area Venue MTQ Nasional XXIX 2022 Gubernur Kalsel Gelorakan Gerakan Revolusi Hijau Menanam Pohon

Banjar, infobanua.co.id – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin tak henti-hentinya menggelorakan gerakan revolusi hijau dengan menanam pohon.

Seperti pada Jumat (7/10) pagi usai giat aksi bersih-bersih di kawasan Kiram Kabupaten Banjar, Paman Birin mengajak seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel untuk menanam pohon penghijauan.

Secara simbolis pun, Paman menyerahkan bibit pohon kepada sejumlah Kepala SKPD yang selanjutnya ditanam secara teratur di sekitar kawasan Kiram, tak jauh dari lokasi atau venue pembukaan MTQ Nasional.

Paman Birin pun tak segan-segan mencangkul dan menutup tanaman dengan tanah.

“Ayo, kita terus menanam dan menanam. Revolusi hijau di Kalsel terus kita lakukan,” ajak Paman Birin.

Gerakan Revolusi Hijau diprakarsai dan dicetuskan oleh  Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sejak 2017 silam yang dijalankan Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel. Revolusi hijau adalah gerakan masif melakukan penanaman untuk mengurangi lahan kritis di Kalsel yang luasnya mencapai 500 ribu hektar lebih. Ditargetkan dengan gerakan revolusi hijau dapat mengurangi lahan kritis seluas 30 ribu hektar per tahunnya.

Sejauh ini dampak gerakan revolusi hijau berhasil melakukan rehabilitasi di lahan kritis seluas 108 ribu hektar.

Menjelang MTQ Nasional yang rangkaian kegiatan 10-19 Oktober dengan jadwal pembukaan pada 12 Oktober 2022 oleh Presiden Jokowi, kawasan sekitar venue pembukaan dan penutupan di Kiram Park terlihat asri dan hijau..

Diketahu saja, selain puncak acara di Kiram Park, setidaknya ada 8 venue atau titik lomba yang akan menjadi tempat MTQ tersebar di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Yakni di Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar.

Lalu di Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.
Kemudian, Masjid Jami Banjarmasin, aula Ideham Khalid Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, aula Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan