Rantau, infobanua.co.id – Ribuan pengunjung padati jalur lintasan parade etnik Tapin Culture Carnival (TCC). Warga antusias menyaksikan untuk melihat tampilan fashion carnival dengan kostum etnik beragam seni, budaya dan kultur dari daerah Kalimantan Selatan di Depan Tugu Adipura Kawasan Rantau Baru, Sabtu (10/12/2022) kemarin.

Sebanyak 30 peserta Fashion Carnaval perwakilan dari Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan menampilkan konstum yakni diantaranya dari tanah bumbu berkonstum bernama Penguasa Pantai Pagatan, Hulu Sungai Selatanberkostum bernama Burung Sulangking, Tanah laut mengangkat kostum The Cultural Heritage Of Sinoman Hadrah serta banyak lagi lainnya menampilkan tema sesuai khas daerahnya.

Selanjutnya 2 orang  Putri Indonesia Kalimantan selatan menampilkan kostom naga balehendang dan konstom baayun maulid.

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan mengatakan, apresiasi dan bangga kegiatan Tapin Culture Carnival 2022 sukses dilaksanakan yang diikuti Kab kota se kalsel.

“Dengan kegiatan ini tentunya untuk menjaga kesatuan persatuan dan kebersamaan terus berlajut untuk membudayakan kesenian di Kalimatan Selatan pada umumnya dan di Kab Tapin,” ucap Bupati Tapin sebelum melepasa parade fashion carnival.

Selanjutnya saya juga bangga kegiatan ini, didukung banyak oleh pihak perusahaan sehingga dapat terselenggara dengan lancar.

“Saya menilai kesuksesan kegiatan ini tentunya didukung oleh para donatur perusahaan batubara, kelapa sawit dan perusahaan lainnya,” katanya.

Bupati berharap festival terus dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan keinginan masyarakat dan budaya di kalsel secara umum dengan konsep yang meriah lagi.

“Kalau bisa festival ini digelar setiap tahun dan kalau bisa lebih meriah lagi, karena untuk menjaga budaya yang ada dan meningkatkan kunjungan wisata di daerah,” harap Bupati.

Sementara Panitia Pelaksana Akhmad Rizali melaporkan, Tapin Culture Carnival 2022 dengan kegiatan fashion carnaval dalam rangka memeriahkan hari jadi ke 57 Kabupaten Tapin serta meningkatkan daya tarik orang-orang luar kabupaten untuk berkunjung ke Tapin.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai apresiasi seni dan pertunjukan budaya melalui fashion carnival,” ujarnya.

Fashion carnival dikuti sebanyak 30 orang berasal dari Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Barito Kuala dan Kabupaten Tapin dengan menampilkan kostum culture budaya.

Dalam acara ini juga dimeriahkan penampilan Puteri Indonesia Kalsel 2017 dan Puteri Indonesia Kalsel 2018 juga penampilan upacara adat dayak berupa tarian Babansai Dayak Meratus Tapin dan kesenian Kangkurung.

Bagi peserta yang menampilkan terbaik diberikan hadiah total Rp33.8 juta rupiah.

Adapun hasil konstum terbaik yaitu Juara 1 Beny Tanah Bumbu (Penguasa Pantai Pagatan), Juara 2 Zulkipli Hulu Sungai Tengah (Burung Sulangking) dan Juara 3 Arif Adi Putra Tanah Laut (The Cultural Heritage Of Sinoman Hadrah).

Kemudian Harapan 1 Ririn Aulia Kotabaru (Mithology Saranjana) Harapan 2 M. Firza S Hulu Sungai Selatan (Panglima Burung Enggang) Harapan 3 Alfian Tanah Bumbu (Legenda Goa Liang Bangkai)

Terakhir Juara Favorit 1 Tenggelone Banjarmasin (Buaya Putih), Favorit 2 Hendra Setiawan Barito Kuala ( Wayang Kulit Banjar), Favorit 3 Andita Putri ( Prawira Tapin (Burung Enggang).

Fad

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *