infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA PD Aisyiyah HSU Gelar Festival Ayah Peduli Kesehatan Ibu dan Anak

PD Aisyiyah HSU Gelar Festival Ayah Peduli Kesehatan Ibu dan Anak

AMUNTAI, infobanua.co.id   – Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Festival Ayah Peduli Kesehatan Ibu dan Anak di Halaman Kantor Kecamatan Banjang, Minggu (18/12/2022).

Ketua PD Aisyiyah Kabupaten HSU, Isnainah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian kaum laki-laki atau seorang ayah terhadap kesehatan keluarganya.

Kegiatan ini, katanya memberi pengetahuan kepada orang tua khususnya para kaum ayah tentang, cara pola asuh anak yang di mulai dari saat ibu hamil dan menyusui.

“Kami ingin meningkatkan kepedulian seorang ayah, yang dimana saat ini rata-rata peran ayah hanya bekerja. Jadi kadang-kadang ayah ini kurang paham bagaimana kesibukan seorang ibu dalam mengasuh anak,” ucapnya.

PD Aisyiyah HSU, mengatakan tujuan yang ingin dicapai melalui Program Inklusi Aisyiyah saat ini juga menjadi fokus pembangunan seperti penurunan angka stunting, pemenuhan HKSR, pencegahan perkawinan anak dan pemberdayaan ekonomi.

“Tujuannya ini memang adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penurunan stunting, penurun perkawianan usia anak ini sangat berpengaruh kepada peran serta masyarakat dalam proses pembangunan.

Sebanyak empat desa di dua Kecamatan akan menjadi lokus pelaksanaan Program Inklusi di HSU, yakni Kecamatan Amuntai Selatan di Desa Cangkring dan Desa Murung Panggang. Sementara untuk Kecamatan Banjang di Desa Buruh Tabing dan Desa Rantau Bujur.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini yang pertama, ayah lebih peduli dan terlibat dalam pola asuh anak. Kemudian yang kedua, menurunkan angka stunting dan menurunkan angka usia perkawinan anak,” pungkasnya

Bagikan:

Iklan