Marabahan, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Kuala (Batola) ke-63 yang dilaksanakan di kediaman atau rumah dinas bupati di Marabahan.

Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor di peringatan Hari Jadi ke-63 Kabupaten Barito Kuala (Batola) di halaman kantor bupati, Marabahan, Kamis (5/1/2023). Tiap daerah diminta siap siaga mengantisipasi ancaman resesi hingga krisis pangan yang diprediksi terjadi di 2023 ini.

Selain mengucapkan selamat,gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut mengingatkan ancaman resesi dan krisis pangan di 2023.

Oleh karena itu, kata dia, daerah penyangga pangan di Kalsel, termasuk Batola patut menjadi perhatian.

“Gejalanya sudah mulai dirasakan, antara lain kenaikan beberapa komoditas produk pangan yang cukup tinggi, seperti kenaikan harga beras siam dan sejenisnya, yang berasal dari daerah,” katanya.

Ia pun meminta semua daerah di Kalsel, termasuk Batola, agar siap siaga dalam mengatasi persoalan tersebut.

Misalnya dengan pengoptimalan segala potensi di masing-masing daerah, untuk menggerakkan perekonomian dan memelihara kecukupan pangan.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batola, termasuk pemerintah daerah lainnya di Kalsel, bisa secara nyata hadir di tengah masyarakat petani dalam bentuk program dan inovasi pertanian yang mampu mendorong swasembada pangan.

“Untuk Batola sebagai daerah lumbung pangan Kalsel hendaknya bisa memanfaatkan momentum ini untuk menggerakkan masyarakat, agar lebih produktif lagi dalam mengelola sektor pangan,” ungkapnya.

Paman Birin juga berpesan, jajaran pemerintahan dan seluruh komponen masyarakat Batola hendaknya selalu kompak dan bergandengan tangan. Sebab, dinamika pemerintahan dan kemasyarakatan dalam perjalanannya memiliki berbagai peluang dan tantangan.

“Ayo kita gelorakan semangat membangun, demi mewujudkan Batola BISA (Berdaya saing, Inspiratif, Sportif dan Amanah). Mari kita bulatkan tekad untuk terus Bergerak maju dalam membangun daerah berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batola Mujiyat mengatakan, harmonisasi hubungan pemerintah dan masyarakat di Batola berjalan bagus, terutama dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan, yang telah memberikan manfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, pemerintah dan masyarakat semakin merasakan nikmatnya hasil-hasil pembangunan yang merupakan buah dari kerja keras masyarakat bersama pemerintah.

“Saya akan terus berupaya untuk mewujudkan serta senantiasa memfasilitasi keinginan masyarakat agar masyarakat semakin makmur dan sejahtera,” katanya

Peringatan Harjad Batola tersebut berlangsung meriah dan khidmat, serta ditutup dengan tausiah oleh KH Wildan Salman.

Nang/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *