infobanua.co.id
Beranda KALTENG Camat Pimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Peralatan Karhutla di Seranau

Camat Pimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Peralatan Karhutla di Seranau

Apel Siaga Gelar Pasukan dan Gelar Peralatan dalam rangka kesiapan siagaan Karhutla, lanjut dengan pemeriksaan pasukan peserta apel oleh camat Seranau, Juliansyah di dampingi Kepala BPBD Kotim, Kapolsek Ketapang, Danramil dan Damang Seranau. (nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Apel Siaga Gelar Pasukan dan Gelar Peralatan dalam rangka kesiapan siagaan Karhutla, Rabu (7-6-2023) di halaman kantor kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur yang di ikuti oleh pihak kecamatan Seranau, BPBD Kotim, Damkar Kotim, Danporamil kecamatan Seranau, Babinsa Seranau, Bhabinkantibmas Seranau, Tenaga Kesehatan Mentaya Seberang, PT.Rimba Makmur Utama, Kalaksa BPBD Kotim, Damang Seranau,Kepala KPHP Mentaya Tengah Seruyan Hilir serta masyarakat kecamatan Seranau.

Dalam Apel Siaga Gelar Pasukan dan Gelar Peralatan dalam rangka kesiapan siagaan Karhutla, dilanjutkan dengan membacakan kesepakatan penandatanganan Komitmen bersama dan rancana aksi pencegahan serta pemadaman Karhutla se-kecamatan Seranau Tahun 2023.

Acara tersebut juga berlanjut dengan pemeriksaan pasukan oleh Pimpinan Upacara oleh camat Seranau Mentaya Seberang, Juliansyah didampingi oleh Kepala BPBD Kotim, Multazam, Polsek Ketapang, Danramil dan Damang Seranau diselingi dengan pemeriksaan peralatan pemadam kebakaran.

Usai kegaiatan Apel Siaga Gelar Pasukan dan Gelar Peralatan dalam rangka kesiapan siagaan Karhutla Camat Seranau Juliansyah menjelaskan, dalam kegiatan apel tersebut harus melibatkan semua unsur yang ada di kecamatan Seranau seperti desa dan kelurahan termasuk juga warga Seranau.

Dari kesiapan dan tekad mereka tampak jelas sekali berapi api ingin mengujudkan menjadikan kecamatan Seranau bebas kebakaran lahan dan menghindari polusi asap, api yang tentunya juga mengganggu semua pihak terutama dari segi kesehatan.

“Tanpa adanya kesiapan dan tekad tidak ada gunanya apel ini dilaksanakan, untuk itu kesiapan dan tekad penting dengan menyampaikan kepada warga Seranau untuk tidak membakar lahan demi anak cucu kita dimasa datang.”Jelas Juliansyah, Rabu (7-6-2023).

Sementara Kapolsek Ketapang, Kompol Reza menanganggapi kegiatan Apel Siaga Gelar Pasukan dan Gelar Peralatan dalam rangka kesiapan siagaan Karhutla mengatakan, menghadapi Karhutla pihak Polsek Ketapang kesiap siagaan,kewaspadaan baik itu dari unsur pemerintah, kecamatan , para relawan dan dari pihak swasta saat ini sudah siap siaga.

“Dari keputusan Provinsi bahwa kita harus siap siaga menghadapi Karhutla diwilayah hukum Polsek Ketapang, dan pihak Polsek juga sudah berulang kali mengsosialisasikan masalah Karhutla kepada masyarakat ter masuk sangsi hukumnya,” terang Reza.

Kepala BPBD Kotim, Multazam Apel Siaga Gelar Pasukan dan Gelar Peralatan dalam rangka kesiapan siagaan Karhutla, perlu dilaksanakan seperti sekarang ini sebab menurutnya bencana Karhutla perlunya kesiapsiagaan semua alemen baik dari pemerintah yang di dalamnya ada BPBD,Damkar dan masyarakat itu sendiri.

“Untuk data Karhutla sudah tersaji di BPBD lengkap, namun perlu juga di ingat bahwa musim hujan tidak menjamin juga tidak terjadinya kebakaran.”Ujar Multazam dan menambahkan untuk semua warga ikut membantu dalam menanggulangi Karhutla di Kotim.

Zainal.

Bagikan:

Iklan