infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur DPRD Nganjuk Usulkan P4 Menjadi Raperda Pendidikan Pancasila

DPRD Nganjuk Usulkan P4 Menjadi Raperda Pendidikan Pancasila

Anggota Bapemperda DPRD Nganjuk Suprapto

Nganjuk,infobanua.co.id – Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Nganjuk berupaya mematangkan usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PPWK).

Hal tersebut merupakan upaya untuk mengingatkan kembali masyarakat tentang amalan Pancasila dan memiliki jiwa kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Suprapto yang termasuk Anggota Bapemperda DPRD Nganjuk menjelaskan saat ini Raperda yang menjadi inisiatif DPRD Nganjuk tersebut masih dalam persiapan dan penyusunan.Setelah selesai disusun,maka akan diusulkan dalam rapat Paripurna DPRD Nganjuk bersama Pemkab Nganjuk.

 

“Jadi tahapanya memang masih panjang,tetapi yang jelas saat ini untuk usulan Raperda tentang PPWK yang masuk dalam inisiatif DPRD tersebut terus berjalan,” jelas Suprapto,Rabu (7/6/2023).

Suprapto mengatakan diharapkan dengan adanya Perda tentang PPWK akan mengembalikan dan mengingatkan masyarakat akan amalan Pancasila.Di mana dalam butir-butir Pancasila sudah termuat tentang pola hidup berdasarkan Pancasila tersebut.

“Artinya,kehidupan masyarakat bisa tertata menjadi lebih baik dengan hidup secara gotong royong dan saling menghormati serta tidak mudah terprovokasi,” kata Suprapto.

Sebelumnya pernah ada kegiatan penyuluhan P4 (Pedoman, Penghayatan, dan Pengamalan Pancasila) kepada masyarakat dan di sekolah-sekolah.

Hal tersebut menjadikan masyarakat dapat mengetahui dan memahami bagaimana melaksanakan kehidupan berdasarkan Pancasila.Hingga di tengah masyarakat bisa tercipta kerukunan, saling hormat-menghormati, menjunjung tinggi adat kesopanan,saling membantu dalam semangat gotong royong dan toleransi serta lainnya.

“Kondisi itulah yang kami harapkan akan kembali muncul di tengah kehidupan modern dan serba canggih sehingga masyarakat tidak mudah tersulut konflik dan justru saling membantu,” terang Suprapto.

Maka dari itu pihaknya berharap dukungan semua pihak agar Raperda tentang PPWK tersebut bisa menjadi Perda.Hal Ini karena akan banyak manfaat dari Perda tersebut di tengah kemajemukan masyarakat di Nganjuk.

“Semoga saja Raperda insiatif DPRD itu bisa diterima Pemkab Nganjuk dan menjadi Perda untuk menjadikan masyarakat Nganjuk memahami dan menjalankan kehidupan sesuai dengan Pancasila sebagai dasar negara,” tukas Suprapto.

(prs)

Bagikan:

Iklan