infobanua.co.id
Beranda KALTIM DPRD Berau Hadiri Pelaksanaan Rapimnas Adkasi Workshop Nasional di Jakarta

DPRD Berau Hadiri Pelaksanaan Rapimnas Adkasi Workshop Nasional di Jakarta

Pelaksanaan Rapimnas dan Workshop Nasional dengan tema ‘Peran DPRD Kabupaten Dalam Mensuksekan Pemilu Serentak Tahun 2024. Foto: (Spesial)

BERAU, infobanua.co.id – Dalam rangka menyamakan dan mempersatukan persepsi, serta pandangan terhadap kesiapan menjelang Tahun Politik 2024 dalam pelaksanaan Pemilu serentak, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan Anggota DPR RI, DPD RI, pemilihan Anggota DPRD Provinsi, dan pemilihan Anggota DPRD Kabupaten serta Kota seluruh Indonesia.

Terkait hal tersebut seluruh Anggota DPRD Kabupaten yang terhimpun dalam suatu wadah organisasi perjuangan, dan pemersatu lembaga DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia hadiri pelaksanaan Rapimnas dan Workshop Nasional dengan tema “Peran DPRD Kabupaten Dalam Mensuksekan Pemilu Serentak Tahun 2024”.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, H. Suhajar Diantoro, di ball room Hotel Borobudur Jln. Lapangan Banteng Selatan No. 1, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/23).

dihadiri Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Ahmad Fatoni, Ketua Umum Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) H. Lukman Said, Wakil Sekjen Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) H. Syamsu Rizal, Pengurus Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI), seluruh anggota DPRD Kabupaten seluruh Indonesia, dan Sekretaris DPRD Kabupaten seluruh Indonesia.

Adapun peserta dari DPRD Kabupaten Berau yang menghadiri pelaksanaan Rapimnas serta Workshop Nasional yakni; Ketua DPRD Kabupaten Berau, Madri Pani; Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Berau, Syarifatul Sya’diah seluruh anggota DPRD Kabupaten Berau, Sekretaris DPRD Kabupaten Berau, Abdurrahman dan Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Puja Astinah.

Dalam arahan dan sambutannya Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri H. Suhajar Diantoro, menyampaikan bahwa diperlukan adanya sinergitas antara Kepala Daerah dan lembaga legislatif (DPRD), dan harus selalu diutamakan peran serta fungsi lembaga DPRD di dalam melaksanakan tugas dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Berau, Madri Pani, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini adalah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kami sebagai wakil masyarakat dalam rangka mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024, yang mana kita ketahui bersama bahwa hanya menghitung beberapa bulan ke depan.

Tepatnya 14 Februari 2024 masyarakat dan bangsa Indonesia akan dihadapkan dengan agenda demokrasi besar dengan pemilihan secara langsung dalam rangka memilih Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, pemilihan anggota DPRD Provinsi, dan pemilihan anggota DPRD Kabupaten serta Kota seluruh Indonesia.

“Kami sebagai wakil rakyat harus bisa memahami, mengetahui, serta mempersiapkan situasi dan kondisi yang ada, terutama masalah keamanan, dan kondusifitas daerah menjelang PEMILU serentak tersebut,” ungkapnya.

Sebagai lembaga DPRD Kabupaten Berau sangat mengharapkan pelaksanaan PEMILU serentak Tahun 2024, yang nantinya dapat dilaksanakan dengan damai, jujur, berintegritas, dan menolak tindakan-tindakan yang tidak terpuji, yang dapat mencederai demokrasi, menyebar fitnah, menyebar ujaran kebencian, politik uang dan yang lain-lainnya.

“Kita harus mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi kita, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, dan bukan politik adu domba,” imbuhnya.

Melalui agenda pelaksanaan kegiatan Rapimnas dan Workshop Nasional ini juga sebagai ajang bagi kami untuk bisa saling bertukar pikiran, pengalaman, pendapat, dan sekaligus untuk dapat mempererat tali persaudaraan dan silaturrahmi dengan sesama anggota DPRD Kabupaten dari seluruh Indonesia. (Slf/Hms DPRD Berau/Adv)

Bagikan:

Iklan