infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Pemkab Cianjur Sebut kurang lebih Rp 1,8 Triliun Dana Stimulan Gempa Bumi Tahap 1 Sampai 3 Telah Dicairkan

Pemkab Cianjur Sebut kurang lebih Rp 1,8 Triliun Dana Stimulan Gempa Bumi Tahap 1 Sampai 3 Telah Dicairkan

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Dindin Amaludin (Foto,Infobanua.co.id/Hasbi)

CIANJUR, infobanua.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat sebesar Rp1.838.055.000 dana bantuan yang digelontorkan pemerintah untuk program bantuan stimulan gempa bumi telah dicairkan dan telah diserap warga Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Dindin Amaludin mengatakan ,pemerintah telah menggelontorkan anggaran yang cukup besar untuk program dana bantuan stimulan gempa bumi Cianjur.Dana tersebut telah dicairkan melalui Bank Mandiri dan telah diterima masyarakat di masing-masing tahap baik tahap 1,2 dan 3.

“Tercatat saat ini pencairan sampai tanggal 7 Juni 2023 total tahap 1 sudah mencapai 95,1 persen dengan total jumlah 7.904 KK, pencairan tahap dua, 93,9 persen jumlah KK 13.101 dan untuk tahap tiga 78,9 persen dari jumlah 7.623 KK,”kata Dindin di Pendopo Cianjur, Kamis (15/06).

Dindin mengungkapkan total dana bantuan stimulan yang telah masuk baik di tahap 1,2 dan 3 sebesar Rp1.838.055.000 dan akan bertambah karena akan ada pencairan ditahap empat.

“Saat ini jumlah dana stimulan gempa mencapai triliunan dan akan terus bertambah Karena masih ada yang belum dicairkan dana stimulannya,”ungkapnya.

Saat ini ucap Dindin, BPBD Cianjur sedang mengupayakan dengan berkoordinasi dengan para kepada Desa untuk menindaklanjuti
berapa warga yang belum terdata atau yang belum masuk untuk mendapatkan bantuan.

“Kami akan koordinasikan dengan pihak Dinas Perkim, sementara Dinas Perkim akan berkoordinasi lagi untuk melakukan survei apakah warga tersebut masuk selanjutnya apakah memang earga masuk ke dalam kriteria rumah rusak ringan sedang atau berat,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Cianjur Herman Suherman menambahkan, pembangunan rumah penyintas gempa harus selesai dengan cepat.

“Kita akan bergerak bersama-sama untuk menyelesaikan dan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak akibat gempa, agar Cianjur bisa segera bangkit,” kata Herman.

Hasbi/IB

Bagikan:

Iklan