infobanua.co.id
Beranda TAPIN Ikut Lomba Sekolah Sehat Diwakili SDN Rantau Kiwa 1 dan MTsN 2 Tapin

Ikut Lomba Sekolah Sehat Diwakili SDN Rantau Kiwa 1 dan MTsN 2 Tapin

Pj Bupati Tapin M Syarifuddin mengahadiri Tim Verifikasi Lapangan Sekolah Sehat Prov Kalsel dalam lomba sekolah sehat dikuti SDN Rantau Kiwa 1 Kabupaten Tapin.

Rantau, infobanua.co.id – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dan Penjabat Ketua PKK Tapin Masrupah menyambut Tim Verifikasi lapangan sekolah madrasah sehat Tingkat Provinsi
Kalimantan Selatan di SDN Rantau Kiwa 1 Kabupaten Tapin Tahun 2023, Selasa( 16/10/2023), Dalam rangka penilaian lomba sekolah sehat Tingkat Prov Kalsel.

Pemerintah Kabupaten Tapin mengikuti lomba sekolah sehat diwakili oleh SDN Rantau Kiwa 1 untuk tingkat dasar dan MTsN  2 Tapin untuk tingkat menengah pertama yang terbaik di Kabupaten Tapin.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat datang kepada tim penilai Sekolah Sehat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin.

“Saya sangat bangga dan berbahagia karena SDN Rantau Kiwa 1 dan MTSN 2 Rantau, mendapat kehadiran untuk di nilai tim penilai Tingkat Prov Kalsel pada lomba sekolah sehat,” ucapnya.

Menurutnya dengan keikutsertaan dalam lomba sekolah sehat ini adalah moment yang sangat penting, karena kesehatan adalah aset berharga bagi generasi akan datang dan pendidikan adalah kunci untuk memahami pentingnya hidup sehat, “Usaha kesehatan sekolah ini yaitu sebagai wadah pemberdayaan peserta didik di sekolah atau madrasah dan sebagai wadah pembentukan  karakter kebiasaan prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dan keluarga,” katanya.

Sekolah adalah tempat dimana siswa kita belajar tumbuh dan berkembang dengan optimal namun tempat itu juga harus memastikan bahwa siswa memiliki lingkungan yang mendukung kesehatan dan keamanan mereka.

Oleh karenanya saya sangat mengapresiasi kepad seluruh tim pembina UKS kab Tapin yang telah melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap usaha kesehatan sekolah dan madrasah di Kabupaten Tapin.

“Untuk itu mengajak mari bersama sama bekerja untuk mewujudkan sekolah yang sehat, yang tidak hanya peduli pad prestasi akademik, tetapi juga tentang fisik dan mental anak anak kita, karena kesehatan adalah investasi maa depan kita,” ajak Pj Bupati Tapin.

Berharap kepada tim penilai, tidak hanya melakukan penilaian tetapi  juga berkenan untuk memberikan saran dan masukan yang berarti untuk peningkatan kualitas kesehatan sekolah madrasah di Tapin.

Juru Bicara Tim Penilai Verifikasi lapangan Hendra Fitriadi mengatakan, verifikasi lapangan sekolah sehat di sekolah ini, yang ke empat Kabupaten di Kalsel yang di verifikasi lapangan pada lomba sekolah sehat yang dikuti SDN Rantau Kiwa 1 dan MTsN 2 Tapin.

“Tujuan kita dalam sekolah sehat untuk menjadikan peserta didik sehat dan cerdas disekolah dengan penerapan usaha kesehatan sekolah (UKS),“ ujarnya.

Namun daripada itu yang lebih ditekankan yakni bagaimana kita membudayakan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari pada anak didik kita dalam pola hidup bersih dan sehat baik di sekolah atau di dalam keluarga masing-masing.

“Dalam sekolah sehat ini itulah yang kita sampaikan untk menjadi bekal saat di sekolah PHBS diterapkan kembali kerumah dalam ber PHBS,“ katanya.

Kami dalam melakukan verifikasi lapangan tidak hanya dari Dinas Kesehatan juga dari instansi terkait seperti Biro Kesra Setda Prov Kalsel, Kantor Kementrian Agama Prov Kalsel
dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel.

Dalam verifikasi lapangan kita tidak hanya melihat dari segi fisiknya saja di sekolah, tetapi melakukan wawancara dengan murid dan siswa disekolah hal ini untuk memastikan dan meyakinkan dari data profil yang telah disampaikan sebelumnya oleh pihak sekolah.

Mudah-mudahan Sekolah/Madrasah di Tapin bisa menjadi terbaik tingkat Provinsi Kalsel dari sekolah sehat lainnya yang ada di Kalimantan Selatan dalam lomba sekolah sehat.

Turut hadir Pj Ketua PKK Tapin Masrupah, Kepala Dinas Kesehatan Alfian Yusuf dan Kepala Dinas Pendidikan Irnawati dan Kepala Sekolah SDN Rantau Kiwa 1 Jamidah beserta Jajaran Kesra Setda Tapin.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan