infobanua.co.id
Beranda Malinau Chef Onno Takjub dengan Event Budaya dan Perlombaan Kuliner di Malinau

Chef Onno Takjub dengan Event Budaya dan Perlombaan Kuliner di Malinau

Lomba kuliner yang melibatkan 15 kecamatan ini bertujuan untuk mendorong kreativitas masyarakat, terutama ibu-ibu, dalam menghidangkan hidangan khas daerah mereka. Salah satu juri penilai yang mencuri perhatian adalah Chef Suharsono, yang dikenal dengan sebutan Chef Onno, asal Balikpapan.

Malinau, infobanua.co.id – Perlombaan kuliner antar kecamatan yang digelar pada 24 Oktober 2023, sebagai bagian dari perayaan Irau Malinau ke-10 dan HUT Malinau ke-24, telah sukses menyita perhatian warga Malinau. Lomba kuliner yang melibatkan 15 kecamatan ini bertujuan untuk mendorong kreativitas masyarakat, terutama ibu-ibu, dalam menghidangkan hidangan khas daerah mereka. Salah satu juri penilai yang mencuri perhatian adalah Chef Suharsono, yang dikenal dengan sebutan Chef Onno, asal Balikpapan.

Chef Onno, yang juga menjabat sebagai Regional Branch Manager (RBM) wilayah Kalimantan dari PT. Zeelandia Indonesia, dan memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di beberapa hotel ternama, memberikan pandangannya yang unik tentang lomba kuliner ini.

“Dari tema lomba yang mengacu pada kearifan lokal, kecamatan-kecamatan peserta mampu membawa keunikan dengan membawa tumbuhan dan tanaman khas daerah masing-masing, yang kemudian diolah menjadi hidangan yang lezat dan tak kalah dengan masakan yang sudah dikenal luas,” ungkap Chef Onno.

Chef Onno juga tak lupa memberikan pujian kepada para peserta yang berhasil menghadirkan hidangan-hidangan istimewa.

“Saya melihat beberapa tumbuhan yang saya belum pernah tahu namanya. Tumbuhan ini diolah menjadi hidangan yang rasanya oke, dan saya rasa hidangan ini bisa dijual. Beberapa masakan yang disajikan di sini bisa dikembangkan dan dibudidayakan,” tambahnya.

Selain memberikan pandangan tentang hidangan yang ia cicipi, Chef Onno juga memberikan komentar positif tentang semangat Irau Malinau ke-10.

“Saya sudah pernah ke Nunukan saat ada event yang kurang lebih seperti ini, namun jujur saya sangat takjub karena di Kaltara sudah ada yang mampu untuk membuat event budaya yang semeriah dan semegah ini. Saya melihat peserta juga sangat termotivasi dan bersemangat untuk berkompetisi dalam menciptakan hidangan yang sesuai dengan standar kami.”Ungkapnya

Pada kesempatan tersebut, Chef Onno juga membagikan pengetahuan tentang tumbuhan khas daerah yang menarik perhatiannya.

Ia menunjukkan Buah Lempesu yang diklaim dapat menjadi pengganti asam jawa, dan mengungkapkan minatnya untuk mencoba mengolah buah tersebut dalam salah satu hidangannya.

Buah Lempesu juga telah diubah menjadi manisan oleh peserta perlombaan, dan Chef Onno menyebutnya sebagai produk yang memiliki potensi untuk dipasarkan.

Ia juga mencicipi berbagai minuman olahan dari buah tersebut dan memuji rasanya yang kaya akan Vitamin C.

Chef Onno menutup wawancara dengan memberikan tips kepada para ibu-ibu Malinau yang terlibat dalam dunia kuliner.

“Para ibu-ibu khususnya yang berada di Malinau, anda haruslah mengeksplor kemampuan masing-masing. Masakan ibu pastinya enak, namun bisa lebih enak lagi apabila lebih cermat dalam pemilihan bahan dan senantiasa mengecek rasa masakan. Jangan lupa tambahan bahan-bahan lain yang bisa mendukung sehingga rasa masakannya lebih kaya.”Pungkasnya.

Dalam wawancara yang sama, terungkap pula bahwa penyanyi legendaris Indonesia, Dewi Yull, turut mengunjungi stan Irau dan ikut menyaksikan perlombaan kuliner yang berlangsung meriah. Dewi Yull memberikan dukungan kepada para peserta dan turut menambah semarak acara budaya ini.

Tim/IB

Bagikan:

Iklan