infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Bupati HST Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59

Bupati HST Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi memimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 yang mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”

Barabai, infobanua co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi memimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 yang mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”,bertempat di halaman Kantor Bupati HST, Senin (13/11/2023)

Saat membacakan sambutan Menteri kesehatan, Bupati Aulia menyampaikan peringatan HKN ke- 59 bangsa indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang sebagai momentum Indonesia lolos dari middle income trap, menjadi Indonesia berpendapatan tinggi serta mencapai Indonesia emas 2045.

“Setiap orang berhak memperoleh layanan Kesehatan dan negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan Kesehatan yang layak,”ucapnya

Pasca disahkan Undang-undang nomor 7 tahun 2023 tentang Kesehatan, Pemerintah kini sedang Menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK), yang akan berfungsi sebagai halaun Bersama dalam Upaya Pembangunan Kesehatan diseluruh Indonesia.

“RIBK harus diacu oleh Pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program Kesehatan diwilayahnya,”pesan Menteri Kesehatan yang dibacakan Bupati Aulia.

Pemerintah Pusat tidak mampu melakukan hal tersebut sendiri, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh elemen Masyarakat, maka enam pilar transformasi Kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

“Transformasi Kesehatan adalah tonggak penting dalam Sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju,”katanya

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan Kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan Indonesia.

Bupati mengajak seluruh Masyarakat untuk turut serta dalam membangun Kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita.

“Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi Indonesia Emas 2045,” ajaknya

“Semoga pesan-pesan Menteri Kesehatan yang disampaikan dapat menjadi catatan kita bersama dalam membangun HST yang lebih Makmur, Unggul dan Dinamis,”tutup Bupati Aulia setelah membacakan sambutan Menteri Kesehatan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Bupati HST kepada Puskesmas se-kab HST PMT protein hewani berupa telur sebanyak 5.255 kg untuk balita stunting 423 orang dan underweight (usia 6-23 bulan) sebanyak 628 orang, total 1.051 orang. Setiap anak mendapatkan 5 kg atau 2,5 rak.

Usai Upacara acara dirangkai dengan pelayanan Kesehatan gratis dan donor darah, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan RSUD H Damanhuri Barabai.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan