infobanua.co.id
Beranda Malinau Sosialisasi Pecegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan

Sosialisasi Pecegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan

Dinas Pertanian Pemda Malinau melaksanakan sosialisasi pencegahan , penanganan kebakaran lahan dan Hutan, gangguan usaha tanaman pangan hortikultura dan perkebunan tahun anggaran 2023.

Malinau, infobanua co.id – Dinas Pertanian Pemda Malinau melaksanakan sosialisasi pencegahan , penanganan kebakaran lahan dan Hutan, gangguan usaha tanaman pangan hortikultura dan perkebunan tahun anggaran 2023. 25 orang peserta sosialisasi  di Balai pertemuan umum Desa Tanjung Lapang Malinau Barat, Selasa (14/11/2023).

Kepala bidang pertanian Pemerintahan Daerah Malinau memberi penjelasan tentang sosialisasi pencegahan, penanganan kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Malinau.  Masyarakat Malinau mayoritas petani dan selalu membuka hutan kemudian membakarnya tempat area tanam padi di tanah kering dan berbukit  oleh karenanya masyarakat di pedalaman berbeda dengan masyarakat di perkotaan.

“Dari Dinas Pertanian Pemda Malinau sangat mengharapkan kerja sama untuk menjaga dan waspada kebakaran lahan dan hutan di wilayah Malinau,” ucap Kabid Pertanian Malinau.

Tokoh masyarakat atau peserta sosialisasi pencegahan, penanganan kebakaran lahan dan hutan, Marten dan Nordianto ke dua tokoh masyarakat tersebut menyanggah persoalan pembakaran lahan dan hutan. Sudah turun temurun dari nenek moyang tidak pernah kebakaran lahan dan hutan atau meluas terbakar ketempat yang lain.

“Karena ini peraturan dari pemerintah kita patuhi dan laksanakan bersama – sama menjaga dan jangan sampai lahan di bakar merembet kehutan sekitar. tentu nya pelaku karena kelalayanya di sanksi pidana atau di denda hukum adat setempat,” kata kedua tokoh masyrakat ini.

Reporter      : Philips

Editor          : Ibrahim

Bagikan:

Iklan