infobanua.co.id
Beranda Malinau RSUD Malinau Gelar Forum Konsultasi Publik untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan

RSUD Malinau Gelar Forum Konsultasi Publik untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan

Gedung Sola Gracia RSUD Malinau menjadi saksi sebuah dialog dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan di Kabupaten Malinau, (25/11/2023).

Malinau, infobanua.co.id – Suasana Gedung Sola Gracia RSUD Malinau menjadi saksi sebuah dialog dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan di Kabupaten Malinau, (25/11/2023). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Malinau menggelar Forum Konsultasi Publik, mengundang partisipasi masyarakat untuk bersama-sama membahas berbagai aspek pelayanan kesehatan.

Direktur RSUD Malinau, drg. Ni Putu Ria Citrawati, Sp. Perio, dalam laporannya menyatakan tujuan utama kegiatan ini adalah membangun sistem konsultasi publik yang adil, transparan, dan akuntabel.

Ini dianggap sebagai langkah penting dalam membentuk kolaborasi yang solid antara penyelenggara layanan kesehatan, pihak terkait, dan masyarakat.

“Kegiatan ini untuk membangun sistem penyelenggaraan konsultasi publik yang adil, transparan, dan akuntabel. Hal ini diperlukan dalam menjalin kolaborasi antara penyelenggara dan stakeholder/pemangku kepentingan serta masyarakat selaku pengguna atau penerima layanan.”Ungkapnya.

Dalam forum yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Dinas Kesehatan, Camat Malinau Utara, Danki Brimob Kompi 4 Batalyon A Pelopor, dan unsur-unsur masyarakat, masyarakat tidak hanya diundang untuk menjadi pendengar, tetapi juga aktif memberikan pandangan, saran, dan kritik konstruktif terkait layanan kesehatan.

Salah satu partisipan, Kepala Desa Kaliamok Rustam, berbagi pengalaman pribadinya selama dirawat di RSUD Malinau. Ia menyampaikan, “Pelayanannya bagus, selama dua minggu saya dirawat disini. Namun, mungkin perlu peningkatan peralatan saja. Karena waktu itu saya di rujuk karena butuh pemeriksaan lebih lanjut.”

Namun, forum ini juga membuka pintu untuk mengungkap sejumlah masalah yang dihadapi RSUD Malinau. Perbedaan persepsi masyarakat terhadap hasil pemeriksaan dokter, kebutuhan akan layanan CT-Scan, dan isu sarana-prasarana, termasuk kebersihan toilet umum di IGD, menjadi fokus utama.

Salah satu catatan kritis adalah perbedaan dalam pelayanan terhadap pasien BPJS dan umum, terutama dalam perilaku petugas. Peserta forum menyoroti perlakuan yang tidak seimbang.

“Perbedaan perlakuan terhadap pasien BPJS dan umum menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian serius.”Ungkap Salah satu peserta.

Hasil dari forum ini akan menjadi landasan penting bagi RSUD Malinau dalam melakukan perbaikan dan peningkatan layanan kesehatan. Dialog terbuka semacam ini memperlihatkan bahwa partisipasi masyarakat memegang peran kunci dalam mengukir masa depan pelayanan kesehatan yang lebih baik di RSUD Malinau.

Di akhir acara, dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Direktur Rumah Sakit Umum Daerah drg. Ni Putu Ria Citrawati, Sp. Perio dengan unsur masyarakat yang hadir sebagai undangan pada acara tersebut.

“Ini menjadi catatan penting bagi RSUD Malinau. Kritik dan saran dari pengguna fasilitas Rumah Sakit jadi komitmen kami untuk perbaikan di tahun depan”, tambah Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Malinau.

Kepala Desa Kaliamok Rustam menutup partisipasinya dengan harapan,

“Semoga hasil dari forum ini bisa menjadi panduan berharga untuk perbaikan RSUD Malinau sehingga layanan kesehatan di sini semakin baik.”

Adv/IB

Bagikan:

Iklan