infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Puncak Peringatan HUT ke-64 Barito Kuala di Marabahan Berjalan Meriah dan Khidmat

Puncak Peringatan HUT ke-64 Barito Kuala di Marabahan Berjalan Meriah dan Khidmat

MARABAHAN – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala melaksanakan puncak peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Barito Kuala yang dipusatkan di Lapangan 5 Desember, Marabahan pada Senin (15/1/2024).

Agenda yang biasanya digelar pada 4 Januari setiap tahun ini baru terlaksana pada 15 Januari 2024 setelah Pj Bupati Barito Kuala Mujiyat menunaikan ibadah Umrah.

Kemeriahan Hari Jadi Barito Kuala dihadiri sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Barito Kuala. Nampak hadir Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Pj Bupati Batola Mujiyat, Kapolda Kalsel Irjen Winarto, Ketua PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah, ulama Guru Wildan, dan beberapa pejabat lain dari unsur pemerintah daerah serta swasta.

Mujiyat menuturkan sosok Sahbirin Noor adalah gubernur yang fenomenal di Indonesia. Sebab, kata Mujiyat, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memberikan perhatian serius terhadap pembangunan di Kabupaten Barito Kuala.

“Bapak Gubernur Kalsel semasa saya penjabat Bupati Barito Kuala, beliau (Sahbirin Noor) memberikan fokus pembangunan di Batola, seperti perbaikan infrastruktur. Ini sungguh gerakan untuk pembangunan,” ucap Mujiyat saat memberikan sambutan, Senin (15/1/2024).

Ia berkata bahwa Sahbirin Noor kerap memotivasi segenap masyarakat bahwa mesti terus bergerak dan jangan malas. “Bergerak, jangan koler,” lanjut Mujiyat.

Menurut dia, hal ini selaras dengan semangat pembangunan Kabupaten Barito Kuala yang mengusung tema BISA, akronim dari berdaya saing, inspiratif, sportif, dan amanah. “Barito Kuala harus mengadopsi berdaya saing, inspiratif, sportif, dan amanah,” pesan Mujiyat.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, menuturkan peringatan hari jadi Barito Kuala untuk refleksi diri menata masa depan. Ia mengajak apa yang sudah dicapai patut disyukuri. “Tahun 2024 ini hari jadi makin memantapkan sama-sama bergerak meningkatkan kesejahteraan masyarakat, daerah yang semakin maju,” ujar Sahbirin Noor.

Menurut Sahbirin, Barito Kuala dengan segala potensi dan keunggulannya jadi penting dalam membangun Kalimantan Selatan. Ia mendukung berbagai program pembangunan di Kabupaten Barito Kuala yang strategis.

“Menyiapkan Kalsel sebagai pintu gerbang IKN, memajukan sektor industri, jalur logistik, dan membangun ketahanan pangan nasional melalui program pertanian yang berkelanjutan. Pertanian khususnya mengantisipasi cuaca ekstrim. Program-program pengentasan kemiskinan, pemberdayaan UMKM,” pesan Sahbirin Noor.

“Mudahan doa alim ulama dan masyarakat Batola pembangunan Batola semakin maju, meningkatkan daya saing. Saya mengajak peran masyarakat untuk mengawal dan menjaga pembangunan di Barito Kuala. Mari bersama-sama memaksimalkan potensi yang diberikan Barito Kuala,” lanjutnya.

Sahbirin Noor pun berpesan masyarakat Barito Kuala ikut menjaga kondusifitas memasuki tahun politik 2024.

Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-64 Barito Kuala diisi juga ceramah Guru Wildan, dan ditutup penampilan artis Dian Pisesa.

Selain itu, masyarakat dari penjuru Barito Kuala nampak antusias memenuhi stan-stan kuliner yang disediakan oleh setiap SKPD. Masyarakat menikmati setiap kuliner yang disajikan secara gratis itu. Dalam waktu singkat, aneka makanan dan minuman ludes karena antusiasme masyarakat Barito Kuala. rel

Bagikan:

Iklan