infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Dukung Pariwisata di Nganjuk, Bus Damri Akan Beroperasi Dengan Rute Baru Mulai Februari 2024

Dukung Pariwisata di Nganjuk, Bus Damri Akan Beroperasi Dengan Rute Baru Mulai Februari 2024

Tri Wahju Kuntjoro selaku Kepala Dishub Nganjuk

Nganjuk, infobanua.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk telah mengusulkan tentang operasional angkutan dengan rute baru dan hal tersebut telah disetujui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan. Angkutan perintis ini merupakan armada dari PT Damri yang akan siap melayani masyarakat Kabupaten Nganjuk mulai Februari 2024.

Tri Wahju Kuntjoro selaku Kepala Dishub Nganjuk menerangkan, bahwa ada dua rute yang akan beroperasi di wilayah Nganjuk.Yaitu rute yang pertama dari Nganjuk – Bajulan – Ngetos.

Selanjutnya rute yang ke dua dari Nganjuk – Pasar Kerep – Pasar Rejoso – Pasar Gondang – Lengkong – Pasar Munung – Jatikalen.

“Semua trayek bus Damri itu dimulai dari Terminal Tipe C Nganjuk,” terang Tri Wahju Kuntjoro, Jumat(19/1/2024).

Tri mengungkapkan pihaknya berharap moda transportasi angkutan umum tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Nganjuk.Tentunya dengan tarif yang ditawarkan murah dan ekonomis.

“Tentunya ini akan membantu masyarakat,dengan biaya tarif angkutan ekonomis.Mengenai tarifnya berapa,saat ini masih kami hitung.Yang pasti murah dan ekonomis,” ungkap Tri.

Tri menjelaskan wilayah Kabupaten Nganjuk terkenal dengan potensi pariwisata dan juga Kawasan Industri Nganjuk.Maka dari itu,pihaknya optimistis layanan moda transportasi itu akan diminati oleh masyarakat.

“Dan angkutan perintis hadir sebagai penunjang sarana transportasi sehari- hari.Selain itu,ini juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan beralih ke moda transportasi umum,” tandasnya.

Maka dari itu,pihaknya meminta dukungan para camat dan pemangku wilayah trayek setempat agar ikut mensosialisasikan beroperasinya dua trayek angkutan baru dari PT Damri tersebut kepada masyarakat.

“Kami mohon bantuan dan dukungan untuk sosialisasi,kelancaran dan keamanan operasional bus Damri
angkutan perintis ini,agar dapat beroprasi sesuai harapan masyarakat dan Pemkab Nganjuk,” ungkapnya.

Kemudian,Kepala Bidang Angkutan dan Transportasi Dishub, Makrus menjelaskan dari hasil survey rute
didapatkan hasil secara umum trayek rute Nganjuk – Bajulan – Klodan -Ngetos terbilang aman dan bisa dilalui. Begitu juga untuk rute Nganjuk – Jatikalen.

Makrus menambahkan ada beberapa catatan berkaitan dengan kondisi jalan. Seperti di tikungan Klodan – Ngetos yang relatif curam bagi armada bus.

“Makanya,setelah survey kami akan mengusulkan kembali untuk penggantian jenis armada dengan ukuran kecil.Ini agar memudahkan pengoperasian kendaraan dengan kondisi jalan menanjak dan tikungan curam untuk ukuran bus,” jelas Makrus.

Makrus mengungkapkan saat ini ada tiga armada yang sudah disiapkan PT Damri. Dua armada mini bus yang akan beroperasi langsung melayani dua rute itu dan satu armada mini bus sebagai cadangannya.

“Kami jadwalkan awal bulan Februari semua armada dan rutenya siap beroperasi,” terang Makrus.

Ditambahkan Makrus,untuk mendukung mobilitas masyarakat khusus pengunjung atau wisatawan ke Nganjuk pihaknya juga akan mengajukan tambahan rute trayek khusus ke tempat objek wisata.Yakni Angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dari Terminal Tipe C Nganjuk menuju tempat obyek wisata di Nganjuk.

“Seperti ada rute Sedudo,Roro Kuning,Paralayang Rejoso dan Semantok. Dan kami berharap semua program yang disiapkan oleh Dishub dapat berjalan dengan lancar untuk membantu masyarakat di moda transportasi dan juga pengembangan ekonomi pariwisata,serta industri yang mulai tumbuh di Nganjuk,’ tutup Makrus.

(prs)

Bagikan:

Iklan