infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH KPUD Kabupaten HST Gelar Rekapitulasi

KPUD Kabupaten HST Gelar Rekapitulasi

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan rekapitulasi

Barabai, , infobanua.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan rekapitulasi yang dihadiri unsur Forkopimda, dan Bawaslu HST, PPK se HST, para saksi dan beberapa calon anggota DPRD di Hotel Darul Istiqamah Barabai Sabtu (2/3/2024).

Ketua KPUD HST H Ardiansyah mengatakan berbagai tahapan sudah dilewati. “Ini merupakan kapitulasi tahapan kesembilan dan menjadi bagian dari tahapan pungutan dan perhitungan suara,” ujarnya.

Ditambahkan Ardiansyah, wewenang dan kewajiban KPU sebagai penyelenggara. Namun, pelaksana tahapan pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelengara sepenuhnya, tapi sektor terkait, terutama pemerintah daerah Kabupaten HST.

“Bersama- sama kita wujudkan penyelengaraan pemilu di daerah masing-masing dengan sebaik- baiknya. Kami juga mengucapkan terimakasih atas segala dukungan terhadap keberlangsungan pemilu,” tegasnya.

“Walaupun ada beberapa yang menjadi evaluasi bagi kami, namun peran lembaga lain sangat berarti bagi kami. Sebelum tahapan penetapan nantinya ditahapan ini kami juga mohon izin untuk melaksanakan, satu rangkaian penting setelah pungutan dan penghitungan yakni rekapitulasi,” jelasnya.

Hasil perhitungan yang nantinya akan dilakukan berjenjang, sebagai hasil dari hitungan di tingkat sebelum rekapitulasi. Hasil perhitungan ini berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2024, tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara dilakukan berjenjang sampai Nasional

Sementara itu Bupati HST H Aulia Oktafiandi yang diwakili Staf ahli Sahrull, mengatakan menjadi pondasi yang kuat bagi keberhasilan pelaksanaan pemilu tahun ini.

“Tak lupa pula penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada KPU dan Bawaslu atas kerja keras dan Profesionalitas dalam menyelenggarakan pemilu ini, dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat serta keterlibatan aktif dari pihak terkait telah menjadikan pemilu ini secara umum dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” ucapnya.

Bupati menambahkan pemilu, bukanlah tujuan akhir, melainkan salah satu sarana untuk memastikan
kelangsungan pembangunan.

“Pemilu adalah bagian dari mekanisme demokrasi yang menjadi wujud nyata dari partisipasi masyarakat dalam menentukan arah kepemimpinan daerah maupun kepemimpinan nasional. Dalam perjalanan pemilu tahun ini mungkin terdapat friksi maupun perbedaan pandangan di antara kita semuanya,” tandasnya.

Namun sekarang saatnyalah bersatu kembali sebagai satu kesatuan, khususnya masyarakat Hulu Sungai Tengah yang satu demi kepentingan bersama.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung pemerintah agar dapat bekerja maksimal dalam mensejahterakan masyarakat,” tegasnya.

Pemilu adalah wujud dari keberagaman pendapat dan pilihan politik. Namun setelah pemilu mari kita satukan langkah untuk mencapai kemajuan bersama.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Hulu Sungai Tengah yang telah menggunakan hak suaranya dengan bijak. Pergulatan kita bukanlah untuk kepentingan pribadi atau kelompok, melainkan untuk memastikan kesejahteraan bersama. Mari kita jaga kebersamaan, keharmonisan dan semangat gotong royong di kabupaten yang kita cintai ini,” papar Bupati.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan