infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Dinas Pertanian HST Uji Coba Padi Apung di Kawasan Rawa Desa Sungai Buluh

Dinas Pertanian HST Uji Coba Padi Apung di Kawasan Rawa Desa Sungai Buluh

BARABAI – Guna memaksimalkan hasil panen, Dinas Pertanian HST bekerjasama dengan kelompok tani masyarakat. Melakukan uji coba penanaman padi secara apung (terapung) di kawasan rawa Sungai Buluh Kabupaten HST.

 

Uji coba dilakukan sebanyak 10.500 pot  penanaman di kawasan rawa Desa Sungai Buluh, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) bersama Kelompok Tani Bersatu setempat. Proses penanamannya pun menggunakan perahu dan dilakukan oleh para petani setempat dengan antusias beberapa waktu lalu.

 

Ketua Kelompok Tani Bersatu, Samudi mengatakan, proses penanamannya dilakukan secara bertahap. Sampai hari ini, sudah lebih dari setengah padi apung yang tertanam di kawasan rawa itu.

 

“Ini perdana kami lakukan. Untuk sementara lebih setengah yang baru tertanam sekitar 7.000 pot dari keseluruhan 10.500 pot padi apung,” ujarnya kepada pojokbanua.com, Kamis (14/3/2024).

 

Samudi mengakui, sebelum melangsungkan penanaman ini juga sudah diikutkan dalam bimbingan teknis (bimtek) terkait akan hal itu. Ia memperkirakan sekitar tiga hingga empat bulan ke depan akan memasuki masa panen.

 

“Masa tanam awal Maret, perkiraan akhir Juni sampai awal Juli baru bisa panen,” paparnya.

 

Samudi berharap uji coba penanaman perdana ini berhasil. Mengingat, masyarakat di desa setempat memang kesulitan untuk bertani dengan lahan.

 

“(Di sini) didominasi perairan rawa dan sering dilanda banjir,” singkatnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Petanian HST, Budi Satrya Tanjung mengatakan, padi apung ini menjadi alternatif bertani bagi masyarakat yang tinggal di area rawa. Penanaman ini merupakan demplot percontohan, karena perdana dilaksanakan di HST.

 

“Tujuannya adalah sebagai alternatif metode tanam padi disaat lahan terendam air secara berkepanjangan,” ujarnya.

 

Pelaksanaannya pun, kata Budi, bekerja sama dengan kelompok tani setempat dengan anggaran diambil dari APBD HST.

 

“Ke depan juga akan masih ada digelar program yang serupa di HST,” tutupnya. rel/yus

Bagikan:

Iklan